7 Nov 2014

Kamus Online Massenrempulu


Kamus online Massenrempulu dibuat guna mempertahankan nilai-nilai budaya sebagai warisan yang tak ternilai. Kamus online ini memiliki konsep layanan "Tourism Dictionary " / "Kamus Wisata". Layanan ini untuk sementara masih dalam versi demo yang beralamat www.kamusmassenrempulu.com dan diluncurkan bulan depan setelah semuanya rampung.


Kamusmassenrempulu.com ini nantinya akan menyajikan tiga modul, modul pertama kamus padanan kata Indonesia - Massenrempulu. Dimana bahasa Massenrempulu terdiri dari 3 kategori bahasa lokal yaitu Enrekang, Duri, dan Maiwa. Modul ini tidak hanya menampilkan padanan kata tapi disertai dengan contoh kalimat yang sering digunakan sehari-hari. Sebagai contoh, pengguna memasukkan kata dalam bahasa Indoensia misalnya PERGI, maka akan tampil padanan kata Ponjo (Enrekang) Male (Duri) dan Ekka (Maiwa). Kemudian tampil pula contoh kalimat "Ponjo-Na Massikola(Enrekang)", "Male-Na Massikola(Duri)", "Ekka-Na Massikola(Maiwa)".

Modul kedua menampilkan referensi tempat wisata yang ada di Massenrempulu. Modul ketiga adalah wisata kuliner dimana pengunjung dapat mengetahui jenis kuliner, bahan yang digunakan, cara membuat dan bahkan referensi warung yang menyediakan.

Kedepan, kamus ini tersedia dalam bahasa Inggris meliputi berbagai tema dan subjek yang berhubungan dengan pariwisata dan budaya Massenrempulu dan Sulawesi Selatan bahkan Indonesia secara umum. Para pengguna dapat mencari informasi tentang objek wisata, kuliner, akomodasi atau penginapan, dan banyak lagi. Selain itu, pencarian tentang istilah-istilah guna memudahkan pencarian, dengan klasifikasi kategori kuliner seperti masakan Duri, Enrekang, Maiwa, Bugis, Makassar, dan daerah lain.(@gus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: