7 Apr 2011

Meng-Install 7 Langkah Menghadapi Ujian Akhir


Kata Ujian, memang menjadi momok bagi sebagian orang. Tidak terkecuali bagi SMA sederajat yang akan mengikuti ujan akhir beberapa pekan yang akan datang. Ujian ini dilaksanakan secara nasional di Indonesia. Untuk Siswa SMA, dibagi menjadi 2 ujian, ujian akhir sekolah dan ujian akhir nasional.

Kata petuah, keberhasilan itu ditentukan oleh sejauh mana kita mempersipkannya, dengan kata lain, apa pun yang kita lakukan, harus dipersiapkan secara matang. Ibarat kita akan bepergian ke suatu tempat, segala perbekalan yang sekiranya dibutuhkan harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Perbekalan yang dipersiapkan, seperti kondisi tubuh harus terjaga, makanan, pakaian ganti, uang saku, sampai pada hal-hal sederhana seperti sikat gigi, sabun, dan samphoo. Dengan persiapan yang matang, seberat dan sesusah apapun ujian yang diharapi akan terasa mudah yang ujungnya merimplikasi pada keberhasilan.
“Ujian nasional tinggal beberapa pekan lagi, apa yang anda sudah persiapkan?” perntayaan ini sering diungkapkan oleh guru kepada para siswanya. Memang cukup beralasan pertanyaan itu, selain untuk memotivasi untuk terus belajar dan belajar, juga digunakan untuk mengukur sejauh mana persiapan yang dilakukan dalam menghadapi ujian. Ujian yang menentukan lulus tidaknya menempuh pendidikan selama tiga tahun dibangku sekolah.
Agar siswa memampu menghadapi ujian nasional dengan fun, fair and funny, he..he.., ada tujuh install yang harus diamalkan. Kenapa kata install? Kata install tidak asing lagi bagi kalangan siswa kita sekarang ini. Kata install sering kali diungkapkan pada pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi atau TIK. Namun, pada hakekatnya install dapat dimaknai sebagai proses memasukkan. Ketujuh install itu adalah sebagai berikut:
1. Install Soal-Soal Sebanyak Mungkin
Mata pelajaran yang akan diujikan pada ujian kali hamper sama dengan ujian tahun sebelumnya. Bagi adik-adik, harus mengetahui bentuk dan karakter soal yang kira-kira masuk dalam ujian nantinya. Untuk mengetahui bentuk soal, dapat dilakukan dengan melihat soal-soal tahun lalu atau dengan buku prediksi ujian nasional. Soal-soal tahun lalu akan memberikan gambaran kepada siswa tentang variasi soal-soal.

Agar dalam menghadapi ujian tidak gugup, maka cobalah mengintall sebanyak mungkin pelajaran tersebut. Cobalah untuk mengerjakannya tanpa melihat kunci jawaban yang biasanya disertakan dalam buku prediksi. Karena jika melihat kunci jawaban sebelum dikerjakan, maka akan timbul kemalasan dalam memecahkan soal tersebut. Nanti setelah soal tersebut dikerjakan, lakukan cek dengan mencocokkan jawab anda dengan jawaban yang disediakan dalam buku prediksi.

Ingat…! lakukanlah persiapan jauh-jauh hari, ibarat kita melangkah maka melangkahlah jauh-jauh sebelumnya secara pelan-pelan namun pasti. Pelan tapi pasti jauh lebih baik ketimbang mengejar SKS atau Sistem Kebut Semalam. Mengejar SKS sangat merugikan bagi anda yang akan mengikuti ujian. Anda akan merasakan 3 kerugian sekaligus, kerugian pertama adalah lelah saat ujian, kedua apa yang anda pelajari pada malam harinya belum tentu masuk ujian nasional dan yang ketiga stress. Anda akan merasa stress atau tegang baik saat menghadapi ujian maupun setelah mengikuti ujian.


2. Install Rasa Percaya Diri
Masukkanlah rasa percaya diri Anda sedini mungkin untuk belajar, karena dengan adanya percaya diri anda dapat meningkatkan keinginan untuk selalu dan terus belajar. Rasa percaya diri sangat erat kaitannya dengan motivasi. Motivasilah diri anda untuk menguasai pelajaran yang akan diujikan. Salah satu cara memotivasi diri Anda adalah dengan membuat beberapa afirmasi, seperti “Kalau dia bisa, kenapa aku nggak bisa? .Kalau dia mampu lulus, kenapa saya tidak bisa lulus?”

Selain afirmasi di atas, anda dapat pula membangkitkan rasa percaya diri dengan persiapan sejak dini. Persiapkan segalanya sebelum anda menghadapi ujian, terutama persiapan mental. Untuk melatih mental agar tetap percaya diri, anda harus menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, hindari kebiasaan-kebiasaan buruk, misalnya begadang sampai larut malam, makan makanan yang kurang bergizi, terlalu banyak bercanda dengan teman baik melalui hp, facebook, ym dan sebagainya. Jauhilah semua media yang dapat menyibukkan anda, hindarilah untuk sementara waktu dan fokuslah pada ujian. Tanamkan dalam pikiran anda bahwa ujian tinggal sebentar lagi dan tidak ada yang dapat membantu selain diri saya sendiri.

3. Install Perencanaan
Dalam menghadapi ujian, dapat diibaratkan sebagai perjalanan menuju keberhasilan. Sebagaimana perjalanan keberhasilan, sudah sepantasnya kita membuat perencanaan. Perencanaan ibarat kita membuat peta. Peta dapat mengarahkan kita ke suatu tempat walau tempat itu tidak diketahui sebelumnya. Coba bayangkan jika kita ke suatu tempat tanpa peta? Kira-kira, apa yang akan terjadi? Betul, apalagi kalau bukan tersesat.

Dari sekian banyak bahan pelajaran yang harus dipelajari dipilah-pilah antara bahan Ujian Akhir Nasional dari pusat dengan bahan ujian dari sekolah. Antara bahan kelas satu, kelas dua, dan kelas tiga, pelajaran hitungan dan hafalan, sehingga dapat dipelajari dengan teratur dan sistematis. Model belajar semacam itu dapat meringankan dan lebih mengefektifkan cara kerja otak. Salah satu hukum otak yaitu dapat bekerja maksimal dengan cara teratur dan sistematis.

Cara lain yang dapat dilakukan dalam belajar sistematis adalah mengalokasikan waktu menguasai materi pelajaran. Materi pelajaran seperti berhitung dan penghafalan dikerjakan pada subuh hari, kalau perlu jam 3 subuh. Subuh hari sangat efektif melakukan penghafalan karena pada saat itu otak masih segar dan belum terkontaminasi dengan pikiran-pikiran lain sehingga lebih focus dan mudah menerima pelajaran. Pelajaran yang tidak membutuhkan hafalan, dapat belajar pada siang dan sore hari. Sedangkan pada malam hari, cukup melakukan pengulangan. Dengan pengulangan, anda akan mengingat secara permanen. Dimuat di Tabloid Fajar Pendidikan Edisi:120 Tahun IV 1-15 April 2011

1 komentar:

  1. Type Mesin Harga Promo Stok Barang terbatas
    Semaua barang bergaransi resmi 1 thn made in jepan
    100% di jamin Original,Cara order HUB 085229488511
    PIN BB:2A90DC9D TOKO PLANET
    ALAMAT ITC CEMPAKA MAS Jln letjen soeprapto no 28 jakarta pusat.
    Toko kami melayani pengiriman seluruh wilaya Indonesia.

    Mesin Fotocopy Canon iR2016 Copy-Print Rp.4.500.000
    Canon iR2018 Copy-Print Rp.5.900.000
    Canon iR4570 Copy-Print-Scan Rp.6.850.000
    Canon iR3300 Copy-Print-Scan Rp.6.700.000
    Canon iR3035 Copy-Print-Scan Rp.6.000.000
    Canon IR3045 Copy-Print-Scan Rp.6.200.000
    Canon iR5070 Copy-Print-Scan Rp.8.300.000
    Canon iR5570 Copy-Print-Scan Rp.8.500.000
    Canon iR6570 Copy-Print-Scan Rp.9.000.000
    Canon iR5075 Copy-Print-Scan Rp.10.500.000
    Canon iR5000 Copy-Print-Scan Rp.13.500.000
    Canon iR6000 Copy-Print-Scan Rp.14.700.000
    Canon iR5020 Copy-Print-Scan Rp16.500.00
    Canon IR6020 Copy-Print-Scan Rp.17.000.000
    CARA TRANSAKSI:
    Kami Hanya Melayani Yang Serius.
    Kami melayani pembeli di seluruh indonesia.
    Pembeli Diwajibkan Melakukan Pembayaran Harga Barang Yang Sesuai Dengan Barang Pesanannya.
    Pengiriman barang melalui: JNE, TIKI, dan POS Express
    Harga barang kami sudah termasuk ongkos kirim.
    Barang yang rusak atau cacat pada saat pengiriman, akan kami gantikan kembali dengan barang yang sama.

    KEUNTUNGAN BERBELANJA DI TOKO KAMI:
    Barang berkualitas dan harga relatif lebih murah.
    Dapat dikirim ke seluruh Indonesia.
    Ongkos kirim gratis.
    Keamanan dijamin 100% karena setiap pengiriman barang disertai dengan asuransi Dan Nomor resi
    Proses cepat dan sederhana.

    STOK READY Order sebelum Kehabisan
    Jangan ragu transaksi aman no tipu tipu…!
    www.canon-indonesia.jimdo.com

    BalasHapus

Silahkan Isi Komentar: