22 Okt 2010

Pengentasan Kemiskinan Rp10 Miliar

ENREKANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang siap menggelontorkan minimal Rp10 miliar untuk mengentaskan kemiskinan di Bumi Massenrempulu. Kesiapan tersebut terungkap dakam rapat koordinasi yang dipimpin Bupati Enrekang, La Tinro La Tunrung, Kamis 21 Oktober.

Menurut bupati, salah satu program prioritas pemkab, bagaimana jumlah warga miskin tersebut bisa diatasi secara bertahap. Beberapa kegiatan juga terus dilakukan.

Kepala Dinas Sosial dan tenaga Kerja Enrekang, Umar Talitti seusai rapat menjelaskan, rencananya anggaran itu digelontorkan pada tahun anggaran 2011 mendatang. Format penyalurannya masih dibahas bersama unit kerja terkait lain, termasuk lembaga suwadaya masyarakat (LSM) selaku pendamping.

Sesuai penegasan bupati anggaran Rp10 miliar itu masih plafon dasar. Jika dalam pembahasan lanjutan dan ternyata anggarannya dinilai masih kurang, maka bisa saja ditambah. "Mengenai proses penyalurannya, akan kita bahas lebih lanjut. Bisa saja rumah tangga dibantu modal usaha atau pemberian dana tunai. Kita lihat saja seperti apa kebutuhan rumah tangga miskin yang menjadi sasaran," jelasnya.

Sesuai data terakhir, jumlah warga miskin di Kabupaten Enrekang masih ada 8.200 rumah tangga. Mereka tersebar di 12 kecamatan. Rumah tangga tersebut menjadi fokus perhatian untuk dientaskan dalam tiga tahun ke depan, dimulai 2011.

"Sesaui keinginan bupati, angka kemiskinan itu harus terus dientaskan secara bertahap dan diupayakan tiga tahun ke depan, jumlah rumah tangga miskin kita tersisa maksimal 1.000 rumah tangga," harapnya. (kas)
Sumber: Fajar.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: