21 Sep 2010

PLTA Buttu Batu Beroperasi Tahun 2013

ENREKANG -- Rencana pembangunan PLTA Buttu Batu dijanjikan bisa mulai dioperasikan tahun 2013 mendatang. Hal ini disampaikan langsung Li Lien Wi, selaku Officer China Hunian Engginering Co.Ltd yang menjadi investor yang akan mengerjakan megaproyek senilai Rp7 triliun itu.

"Perusahaan kami merupakan salah satu perusahaan terbesar yang ada di Cina. Kami siap membangun PLTA Buttu Batu agar bisa dioperasionalkan tahun 2013 mendatang," ujarnya saat melakukan presentasi di hadapan bupati, unsur muspida serta SKPD terkait di Aula Kantor bupati Enrekang, Senin, 20 September kemarin. Menurut Li Lien Wi, untuk membuat PLTA Buttu Batu yang akan menyediakan listrik sekira 300 MW, pihaknya akan membuka 1.500 lowongan kerja yang diprioritaskan untuk penduduk asli Enrekang. Li Lien Wi juga menjanjikan untuk membangun sarana pendidikan bagi warga di Enrekang.
Bupati Enrekang, Haji La Tinro La Tunrung turut meminta para SKPD untuk bisa membantu investor agar proyek ini bisa segera dinikmati masyarakat. "Ayo! sama-sama kita membantu investor. Jika mereka membutuhkan bantuan semisal alat-alat berat segera dibantu. Intinya, jangan ada SKPD yang mempersulit investor ataupun sengaja menarik keuntungan dari pekerjaan yang dilakukan investor," tegas La Tinro. Menurut La Tinro, tidak ada suatu daerah yang bisa merangkak maju jika tidak membantu investor menanam saham di suatu daerah. Sebab tidak ada daerah yang maju tanpu industri. "Insya Allah, dengan adanya investor yang akan memperkerjakan penduduk lokal, maka tidak akan ada warga yang menganggur. Makanya, Pemkab siap memfasilitasi lokasi kantor bagi investor," katanya.
Pemkab, kata dia juga berkeinginan untuk mengoptimalkan seluruh potensi energi yang untuk sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat. Selain PLTA Buttu Batu, Pemkab juga saat ini sedang menjajaki hubungan kerjasama dengan investor asal Norwegia untuk membangun PLTA Buntu Batu. Hanya saja, PLTA Buntu Batu hanya berkapasitas 100 MW. "Untuk saat ini baru 2 investor yang kami jalin kerjasama yakni investor PLTA Buttu Batu dan PLTA Buntu Batu," jelasnya. (mur) Sumber: http://www.parepos.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: