1 Agt 2010

HISTORY KPMM JOGJAKARTA

Di Jogjakarta jumlah mahasiswa yang berasal dari Daerah Kabupaten Enrekang mengalami peningkatan yang cukup dratis. Jika pada decade 90-an jumlah mereka masih dapat di hitung dengan jumlah jari, maka pada tahun 2010 ini jumlah mereka melonjak tajam dan mengalami kurva mengembang. Oleh karena itu, sebagai sebuah tanggung jawab moril sebagai putra daerah yang berbasis etnis, mereka kemudian diikat dalam sebuah organisasi yang menjadi perekat bagi mereka untuk menjadi sebuah keluaraga besar yang memiliki tujuan, dan asal daerah yang sama.

Pada presfektif historisnya, Keluarga Pelajar Mahasiswa Massenrempulu (KPMM) Jogjakarta adalah organisasi Putra-Puteri dari Daerah Kabupaten Enrekang, Propinsi Sulawesi Selatan. Perkumpulan anak ‘Maspul’ (Massenrempulu) ini resmi berdiri pada tanggal 12 Oktober 1997 di Jogjakarta yang didirikan oleh senior-senior KPMM terdahulu . Pada saat itu perkumpulan ini adalah masih berlabel Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu (HPMM) Cabang Jogjakarta.

Pada tanggal 18-19 Maret 2000 (Musyawarah Tahunan II HPMM) di Kaliurang. Berdasarkan pendapat quorum pada saat itu HPMM berubah nama menjadi sebuah organisasi independent ( KPMM) karena beberapa alasan:
1. Kurangnya komunikasi antara HPMM Pusat dengan HPMM Cabang Jogjakarta dan juga secara hukum, sejak berdiri, HPMM Cabang Jogjakarta belum perna dilantik dan diresmikan oleh HPMM Pusat di Makassar, sehingga legalitasnya dipertanyakan dalam Mubes tersebut, imbasnya adalah adanya kemandulan dalam tubuh HPMM Cabang Jogjakarta ini. Perubahan nama itu sebagai jalan untuk memandirikan organisasi, mandiri dan lepas dari ikatan HPMM Pusat di Makassar.
2. Di wilayah kota Jogjakarta, terdapat 22 organisasi pelajar dan mahasiswa tingkat kabupaten se Sulawesi Selatan. Semua organisasi tersebut tergabung dalam satu ikatan yaitu Ikatan Mahasiswa Indonesia Sulawesi Selatan. Komunitas pelajar dan mahasiswa Massenrempulu (sebelum resmi menjadi KPMM) ingin bergabung di dalamnya. Untuk menentukan jati diri dan identitas sebagai komunitas pelajar dan mahasiswa massenrempulu maka perlu diikat dalam sebuah ikatan keluarga yang jelas.

Adapun struktur ketua KPMM dari sejak didirikannya sampai sekarang:
1. Poudanan Embong Bulan (1997-2000)
2. Hermanto. S.TK (2000-2002)
3. Reski Syahrir (2002-2003)
4. Saidang (2003-2004)
5. Sakril (2004-2005)
6. Yusron Yaman (2005-2007)
7. Abd. Rais (2007-2009)
8. Jasman (2009-2010)
9. M.Firdaus (2010-2011)


Tujuan Oragnisasi
1. Sebagai wadah Pembinaan pelajar / mahasiswa massenrempulu yang bertaqwa terhadap Tuhan YME, berilmu pengetahuan dan memiliki sumber daya serta profesionalisme yang tinggi.
2. Mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan di kalangan pelajar / mahasiswa yang berasal dari massenrempulu.
3. Membangun daerah Sulawesi Selatan pada umumnya dan kabupaten Enrekang pada khusunya.

1 komentar:

Silahkan Isi Komentar: