23 Agt 2010

Golongan orang-orang yang Beruntung (1)


"Siapakah orang-orang yang paling beruntung?" orang yang beruntung bukan hanya orang yang memperoleh untung berniaga, mendapat jabatan tinggi, bebas dari jeratan hukuman dunia, ataukah memiliki pengaruh di tengah masyarakat. Orang yang orientasinya hanya dunia, bisa saja dipandang sebagai orang yang beruntung secara kasat mata, tetapi pada hakekatnya, batiniahnya diselimuti perasaan gundah, gamang, dan selalu dihantui perasaan bersalah.

Berapa banyak kita menyaksikan orang-orang yang bergelimang dengan harta, dipuja-puji, didengar perkataannya, tapi pada akhirnya mendapatkan akhir yang buruk atau Su'ul Khatimah. Orang-orang Su’ul khatimah (akhir yang buruk) adalah meninggal dalam keadaan berpaling dari Allah, berada di atas murka-Nya serta meninggalkan kewajiban dari Allah. Tidak diragukan lagi, demikian ini akhir kehidupan yang menyedihkan, selalu dikhawatirkan oleh orang-orang yang bertakwa. Semoga Allah menjauhkan kita darinya.
Kebalikan dari Su'ul Khatimah adalah Husnul Khatimah. Husnul Khatimah adalah akhir yang baik. Yaitu seorang hamba, sebelum meninggal, ia diberi taufik untuk menjauhi semua yang dapat menyebabkan kemurkaan Allah Ta’ala. Dia bertaubat dari dosa dan maksiat, serta semangat melakukan ketaatan dan perbuatan-perbuatan baik, hingga akhirnya ia meninggal dalam kondisi ini.
Golongan orang-orang yang mendapatkan husnul khatimah sehingga di akhirat kelak mendapat syafaat dari Allah SWT adalah RSSS. Sebelum kita menguraikan RSSS ini, kata syafaat sendiri hakikatnya adalah doa, atau memerantarai orang lain untuk mendapatkan kebaikan dan menolak keburukan. Atau dengan kata lain syafa’at adalah memintakan kepada Allah di akhirat untuk kepentingan orang lain. Dengan demikian meminta syafa’at berarti meminta doa, sehingga permasalahan syafa’at ialah sama dengan doa.(1)
Singkatan RSS mungkin tidak asing lagi bagi pembaca sekalian. RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Namun, singkatan RSSS (ditambah S satu) yang berkaitan dengan golongan orang-orang yang beruntung bukanlah file berformat XML, melainkan singkatan dari Rasul, Siddiq, Syuhada dan Shaleh. Orang-orang inilah yang beruntung dan berhak mendapatkan surganya Allah SWT.
Referensi:
http://abuzubair.wordpress.com/2007/08/07/bahagia-dengan-husnul-khatimah-sengsara-dengan-su%E2%80%99ul-khatimah/
http://muslim.or.id/aqidah/syafaat-hanya-milik-allah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: