25 Jul 2010

Keraton Yogyakarta akan Dilengkapi Kran Air Siap Minum

YOGYAKARTA--MI: Perusahaan Air Minum Daerah Tirtamarta akan melengkapi Keraton Yogyakarta dan Pasar Satwa dan Tanaman Hias (Pasthy) Yogyakarta dengan instalasi air siap minum.

"Kami akan segera membangun instalasi air siap minum itu, sehingga bisa segera dinikmati oleh pengunjung," kata Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta Imam Priyono di Yogyakarta, Minggu (25/7).

Menurut dia, PDAM Tirtamarta sudah menentukan tempat pembangunan instalasi air siap minum tersebut di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy), namun pihaknya masih akan melakukan negosiasi dengan pihak Keraton Yogyakarta tentang lokasi pembangunan instalasi air siap minum di ikon wisata Yogyakarta tersebut.

Imam menegaskan, tujuan PDAM Tirtamarta Yogyakarta membangun instalasi air siap minum di kedua lokasi tersebut adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Pasthy dan Keraton Yogyakarta.

Selain memberikan fasilitas tambahan kepada pengunjung, Imam menyatakan, instalasi air siap minum tersebut juga dapat digunakan oleh pedagang di Pasthy dan Keraton Yogyakarta.

Ia meyakinkan, air yang dihasilkan dari instalasi tersebut sudah memenuhi standar kesehatan sesuai peraturan Menteri Kesehatan.

"Di negara tetangga seperti Singapura, instalasi air siap minum itu juga tersedia di beberapa area publik. Yogyakarta sebagai kota wisata yang banyak dikunjungi wisatawan semestinya juga dapat memberikan fasilitas seperti itu," katanya.

PDAM Tirtamarta, lanjut dia, juga telah membangun instalasi air siap minum tersebut pada 2009 yaitu di kompleks Kantor PDAM Tirtamarta dan juga di Taman Pintar.

"Khusus di Taman Pintar, instalasi air siap minum tersebut juga dilengkapi dengan proses pengolahannya sehingga sangat mendukung visi Taman Pintar sebagai tempat wisata edukasi," ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Yogyakarta, Imam menyatakan, 70% air sumur di Kota Yogyakarta tercemar dengan bakteri e-coli karena adanya kerusakan lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: