21 Jul 2010

Jateng Tidak Berambisi Jadi Tuan Rumah

SEMARANG, Kompas.com - Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menyatakan pemerintah provinsi ini tidak berambisi menjadi salah satu daerah penyelenggaran pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara atau SEA Games 2011.

"Kalau Jawa Tengah dipercaya, ya kami siap, tetapi kalau tidak ya sudah," kata Bibit usai membuka kejuaraan olahraga dan seni di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, di Semarang, Rabu.

Menurut dia, Jawa Tengah tidak ingin berebut dengan daerah lain untuk menjadi penyelenggaraan pesta olahraga ini. "Tidak perlu berebut, kalau Jawa Tengah dipercaya tentu kami siap," tegasnya usai membuka kegiatan olahraga dan
seni yang digelar dalam rangka hari jadi ke-60 pemerintah provinsi ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah Rudi Apriantono mengatakan menjadi salah satu daerah penyelenggaran SEA Games bukan merupakan keinginan provinsi ini.

Menurut dia, penunjukan Jawa Tengah sebagai salah satu daerah penyelenggaran SEA Games merupakan pengganti bagi provinsi ini yang gagal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional tahun 2011. "Karena gagal jadi tuan rumah PON, Jawa Tengah dijanjikan menjadi tuan rumah SEA Games bersama Jawa Barat," katanya kepada Antara.

Komite Olahraga Nasional Indonesia kemudian menambah dua lagi daerah penyelenggara SEA Games, yakni Jakarta dan Sumatera Selatan.

Pada SEA Games 2011, Jawa Tengah rencananya akan memperoleh bagian untuk menggelar tujuh cabang olahraga, yakni panahan, sepak takraw, sepatu roda, biliar, soft tennis, tinju, dan bridge.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta pelaksanaan SEA Games digelar di dua kota, dari sebelumnya usulan empat kota, sesuai dengan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat dan SEA Games Counsil.

Pembukaan dan penutupan SEA Games akan bertempat di Palembang, Sumatera Selatan, sedangkan satu kota lainnya akan ditentukan dalam waktu dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: