1 Mar 2010

Gempa Bumi Chile 2010

Gempa bumi Chili 2010 terjadi dengan kekuatan 8,8 Skala Richter pada tanggal 27 Februari 2010 di lepas pantai Concepción, Chili. Gempa terasa hingga di ibukota Chili, Santiago, dan beberapa kota di Argentina.


Titik episentrum gempa berada pada lepas pantai Maule, sekitar 6,4 km sebelah barat Curanipe, Chili dan 115 utara-timur laut dari kota terbesar kedua di Chili, Concepción. Gempa terjadi pukul 3:34 waktu lokal dan dilaporkan gempa dirasakan antara 10-30 detik.

Berdasarkan laporan dari kameramen Associated Press Television News, beberapa gedung di Santiago runtuh dan terjadi listrik padam disebagian besar kota.

Televisi Chili melaporkan sedikitnya 214 orang tewas, dan kemungkinan besar bertambah. Kantor keadaan darurat Chili memperkirakan intensitas gempa 9 dalam skala Mercalli di Region Biobío dan 8 di Santiago.[1]

Menurut laporan lain, korban jiwa akibat gempa bumi dahsyat di Chile hingga Minggu (28/2) tercatat mencapai lebih dari 300 orang.[2]

referensi:
[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Gempa_bumi_Chili_2010
[2] http://edisicetak.solopos.co.id/

2 komentar:

  1. Turut berduka dan berbela sungkawa atas kejadian Gempa diChile..
    Semoga kita bisa berinstropeksi diri

    BalasHapus
  2. Mudah-mudahan Allah melindungi umat muslim, menurut berita, masjidnya tidak runtuh walau bangunan disekitar pada luluh lantak.

    BalasHapus

Silahkan Isi Komentar: