3 Jan 2010

Burj Dubai, Gedung Tertinggi Saat ini


Liputan6.com, Dubai: Sebuah proyek prestisius berhasil diselesaikan. Gedung Burj Dubai yang memiliki 160 lantai berdiri megah dan akan diresmikan di Dubai, Emiriah Arab Bersatu (UAE), Senin (4/1). Pembangunan Burj Dubai dilakukan salah satu perusahaan properti terbesar di UAE, Emaar, bekerjasama dengan perusahaan arsitektur dan teknik sipil asal Chicago, Amerika Serikat yakni Skidmore, Owings and Merrill (SOM).


Menjelang peresmiannya, lantai teratas dijaga ketat dan tertutup. Dengan begitu belum bisa dipastikan ketinggian gedung yang dibangun pada 2004 silam. Diperkirakan tingginya mencapai lebih dari 800 meter dan mengalahkan Taipei 101 di Taiwan dengan ketinggian 508 meter. Sebelumnya Taipei 101 tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia yang pernah dibangun.

Bentuk gedung unik seperti jarum menjulang tinggi ke langit. Ketinggiannya gedung juga menjadi daya tarik. Gedung ini mempunyai 1.044 apartemen dan 49 lantai ruang kantor serta hotel. Diperkirakan pembangunan menghabiskan biaya sekitar US$ 20 miliar. Meski sempat diguncang krisis utang, pembangunan gedung diselesaikan tepat waktu.(AIS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: