SOSOK BJ. HABIBIE

Posted by kpmmjogja.com 29 Oktober 2009 0 comments

Nama:
Prof. Dr.Ing. Dr. Sc.h.c. Bacharuddin Jusuf Habibie
Lahir:
Pare-Pare, 25 Juni 1936
Agama:
Islam
Jabatan :
Presiden RI Ketiga (1998-1999)

Pendiri dan Ketua Dewan Pembina The Habibie Center
Istri:
dr. Hasri Ainun Habibie (Menikah 12 Mei 1962)
Anak:
Ilham Akbar dan Thareq Kemal
Cucu:
Empat orang
Ayah:
Alwi Abdul Jalil Habibie
Ibu:
R.A. Tuti Marini Puspowardoyo
Jumlah Saudara:
Anak Keempat dari Delapan Bersaudara

Pendidikan :
1. ITB Bandung, tahun 1954
2. Rheinisch Westfalische Technische Hochscule (RWTH), Aachen, Jerman, dengan gelar Diplom-Ingenieur, predikat Cum laude pada Fakultas Mekanikal Engineering, Departemen Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang (1955-1960).
3. Rheinisch Westfalische Technische Hochscule (RWTH), Aachen, Jerman, dengan gelar doktor konstruksi pesawat terbang, predikat Summa Cum laude, pada Fakultas Mekanikal Engineering, Departemen Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang (1960-1965).
4. Menyampaikan pidato pengukuhan gelar profesor tentang konstruksi pesawat terbang di ITB Bandung, pada tahun 1977.

Pekerjaan :
1. Kepala Riset dan Pengembangan Analisis Struktur pada perusahaan Hamburger Flugzeugbau Gmbh, Hamburg, Jerman antara tahun 1965-1969.
2. Kepala Divisi Metode dan Teknologi pada Pesawat Komersial dan Angkut Militer MBB Gmbh, di Hamburg dan Munchen antara 1969-19973
3. Wakil Presiden dan Direktur Teknologi pada MBB Gmbh, Hamburg dan Munchen tahun 1973-1978
4. Penasehat Senior Teknologi pada Dewan Direksi MBB tahun 1978.
5. Pulang ke Indonesia dan memimpin Divisi Advanced Technology Pertamina, yang merupakan cikal bakal BPPT, tahun 1974-1978.
6. Penasehat Pemerintah Indonesia di Bidang Pengembangan Teknologi dan Pesawat Terbang, bertanggungjawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia Soeharto pada tahun 1974-1978.
7. Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) sekaligus Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tahun 1978-1998.
8. Wakil Presiden R.I. pada 11 Maret 1998-21 Mei 1998.
9. Presiden RI 21 Mei 1998-20 Oktober 1999.

Organisasi:
Pendiri dan Ketua Umum ICMI

Penghargaan:
Theodore van Karman Award

Pada awal 1950-an seorang guru Belanda di SMAK Dago, Bandung, mengisahkan ini: ada seorang murid cerdas yang mampu mengerjakan soal Fisika hanya dalam 20 menit ketika teman-teman lainnya menyelesaikan dalam 1 jam. Sungguh mengagumkan. Pelajar ini lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, dan dikirim ke Bandung untuk menempuh pendidikan lanjutan. Ketika masuk SMA Kristen Dago umurnya 15 tahun.

Setelah lulus ia melanjutkan ke Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Mesin.
Hanya beberapa bulan menempuh Tahap Persiapan Bersama (tingkat satu bersama – belum penjurusan) ibunya segera membeli devisa pemerintah dan mengirimkannya untuk melanjutkan ke RWTH Aachen, Jerman Barat, tahun 1955. Ayahnya meninggal ketika ia masih berumur 13 tahun, dan kehilangan figur ayah sejak di usia pencarian identitas adalah masa-masa tak stabil. Tapi sebagai anak yang ceria dan antusias, berduka adalah sebuah sikap hormat; namun yang lebih penting adalah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan memenuhi harapan ibunda.

Sesampainya di Jerman Barat, petugas imigrasi bertanya bidang apa yang akan ditempuhnya selama sekolah di Jerman. Dia mengatakan akan mengambil Fisika. Dengan ramah petugas itu menceritakan bahwa teknologi Jerman tengah menuju ke tingkat lebih tinggi, yakni membangun pesawat terbang yang canggih. Pertugas imigrasi menyarankan memilih salah satu: studi Fisika atau konstruksi pesawat terbang. Keduanya memiliki masa depan bagus. Tak disadarinya, di pintu imigrasi Jerman itu, awal kehidupannya dimulai: dia memutuskan mengambil bidang konstruksi pesawat terbang.
Selama studinya, hidup tak pernah mudah: dia harus berkomunikasi dalam bahasa Jerman kemanapun ia pergi; seringkali ia kelaparan di musim dingin dan hanya makan sebuah apel di malam hari lantaran uang saku dari ibunya sungguh terbatas; ia juga terbebani untuk terus lulus setiap mata kuliah yang diambilnya; ia harus memotivasi dirinya sendiri di tengah kesepian dan berusaha tidak cemburu dengan teman sejawat dari Indonesia yang mendapat beasiswa. 1955 -1960 sungguh masa-masa yang sulit baginya. Tahun 1960, dia berhasil mendapatkan gelar Diplom Ingineur dengan nilai 9.5 skala 10. Tahun 1965, dia memperoleh gelar Doktor Ingineur dalam bidang konstruksi pesawat terbang dengan nilai 10 (summa cum laude). Awalnya, thesis doktornya berkenaan dengan pesawat hipersonik (Mach 4 ke atas; Mach 4 = empat kali kecepatan suara, hampir 5000 km/jam), namun karena topik tersebut diambil alih profesor pembimbingnya, ia akhirnya menyelesaikan studi konstruksi kapal selam, yang secara struktural mirip dengan pesawat.

Setelah lulus doktor ternyata sulit baginya untuk mendapatkan pekerjaan karena Jerman Barat sangat ketat dalam memberikan surat ijin kerja (work permit) bagi orang asing. Hingga suatu hari ada sebuah perusahaan bernama Talbot yang mengadakan semacam sayembara dalam rangka mencari insinyur yang mampu mendesain gerbong kereta yang punya ruang lebih luas dan secara struktur sangat kuat. Dengan prinsip mendesain sayap pesawat terbang dan menurunkan struktur underfloor, ia mengajukan desainnya ke Talbot, dan sungguh mengejutkan: desainnya diterima! Sesuai janji Talbot, ia mendapatkan cukup uang untuk tetap tinggal di Jerman dan desainnya diproduksi 1000 gerbong!

Sementara itu, bidang-bidang tingkat lanjut mekanika terapan, seperti mekanika retak dan kelelahan material, berada pada fase awal penerapan di pabrik pesawat terbang. Kebetulan itu bidang yang dikuasainya. Pada awal 1960an, peneliti-peneliti di bidang mekanika retak dan kelelahan memiliki jargon besar: RETAK. Dalam literatur, masalah-masalah retak biasanya diselesaikan dengan pendekatan empirik (menguji material dan lumayan mahal). Pendekatan teoretik, yang dianggap lebih “murah”, biasanya terlampau sederhana dan simplistik (terlalu banyak asumsi). Perambatan retak adalah masalah penting dan sangat sulit memprediksi dengan tepat penyebab-penyebabnya.

Peneliti di Industri Pesawat Fokker, Belanda, menghabiskan 3 tahun untuk mencari penyebab retak pada bagian ekor pesawat produksi mereka. Doktor muda kita ini lalu datang ke Fokker dan membantu memecahkan masalah retak itu dalam waktu 6 bulan. Ia mampu mencari penyebab retaknya dan mampu menghitung perambatan retak hingga ke atom-atomnya. Sungguh kontribusi yang besar bagi Fokker, hingga banyak peneliti yang dianjurkan untuk belajar darinya mengenai retak. Sejak saat itu, dia dijuluki “Mr. Crack”.

Dari berbagai sumber.


Read More..

Sejarah Kabupaten Enrekang

Posted by kpmmjogja.com 0 comments
Sejarah Kab. Enrekang

Asal kata Enrekang

Sejak abad XIV, daerah ini disebut MASSENREMPULU yang artinya daerah pinggiran gunung atau menyusur gunung, sedang sebutan Enrekang berasal dari ENDEG yang artinya NAIK DARI atau PANJAT merupakan asal mulanya sebutan ENDEKAN.

Sedangkan versi lain mengatan bahwa kata ENREKANG berasal dari bahasa Bugis yang berarti daerah pengunungan. Mengapa orang bugis mengatakan demikian dapat dimengerti sebab lokasi kabupaten Enrekang ± 85 % dari seluruh luas wilayah dikelilingi oleh gunung dan bukit yang membentang disepanjang wilayah kabupaten Enrekang yang luasnya ± 1.786.01 Km².


Hari Jadi kabupaten Enrekang

Pelantikan Bupati Enrekang yang pertama pada tanggal 19 Pebruari 1960 yang juga menjadi hari terbentuknya DAERAH KABUPATEN ENREKANG. Berikut nama-nama Bupati yang pernah dan sekarang yang memerintah di Kabupaten Enrekang :

* Periode 1960 – 1963 dijabat oleh ANDI BABBA MANGOPO
* Periode 1963 – 1964 dijabat oleh M. NUR
* Periode 1964 – 1965 dijabat oleh M. CAHTIF LASINY
* Periode 1965 – 1969 dijabat oleh BAMBANG SOETRESNA
* Periode 1969 – 1971 dijabat oleh ABD. RACHMAN, BA.
* Periode 1971 – …… dijabat oleh Drs. A. PARAWANSA (Pjs.)
* Periode 1971 – 1978 dijabat oleh MUCH. DAUD (± 2 Thn masa non Fictive )
* Periode 1978 – 1983 dijabat oleh H. ABDULLAH DOLLAR, BA.
* Periode 1983 – 1988 dijabat oleh M. SALEH NURDIN AGUNG
* Periode 1988 – 1993 dijabat oleh H. M. AMIN SYAM
* Periode 1993 – 1998 dijabat oleh H. ANDI RACHMAN
* Periode 1998 – 6 Oktober 2003 dijabat oleh Drs. H. IQBAL MUSTAFA
o Wakil Bupati Drs. ZAINI BADAWING
* Periode 2003 – 2008 dijabat oleh Ir. H. LA TINRO LA TUNRUNG
o Wakil Bupati H. MUH. LODY SINDANGAN, SH. M.Si.
* Periode 2008 – 2013 dijabat oleh Ir. H. LA TINRO LA TUNRUNG
o Wakil Bupati Nurhasan

Sedangkan Pimpinan Daerah dibidang legistalif yang pernah dan sampai sekarang menjabat di Kabupaten Enrekang yaitu :

* ANDI BABA MANGOPO (merangkap Bupati karena masih DPRD GR) Tahun 1960 – 1963
* ABD. RAHMAN, BA.
* H. ARIFIN ALI
* MAHATMANTONG
* M. JAFAR
* IBRAHIM TAQWA
* H.M. MIEN KAMASE
* JAMALUDDIN TANTI
* M. SALEH NURDIN AGUNG sebagai Ketua dan Wakilnya MAYOR ABDUL LATIF.
* H. ABD. SAMAD MANNAN sebagai Ketua dan Wakilnya MAYOR CHK HUSAIN GANTARAN. SH
* H.M. ALI RAHIM sebagai Ketua dan Wakilnya Drs. MUSTAFA CAWIDU dan LETKOL MUSTAFA BK.
* H. JK. SAWATI (periode 1999 – 2004 )
o Periode 1999 – ….. wakilnya MAYOR CHOIRI
o Periode 1999 – 2004 Wakilnya MAYOR CHOIRI dan H. ACHMAD ANGGORO
o Periode 2004 – 2005 Wakilnya SAFRUDDIN, SH dan H. ACHMAD ANGGORO
* H. AHMAD ANGGOR (periode 2005 sampai sekarang ) wakilnya SAFRUDDIN,SH dan Drs. H. MUSTAKIM

Sejarah Terbentuknya Pemerintahan Kab. Enrekang

Sebelum terbentuknya menjadi Kabupaten berturut-turut mengalami perubahan bentuk :

1.

Menurut sejarah pada mulanya Kabupaten Enrekang adalah merupakan suatu kerajaan besar yang bernama MALEPONG BULAN, yang bersifat MANURUNG terdiri dari 7 kawasann yang lebih dikenal dengan ”PITU MASSENREMPULU” terjadi kira-kira pada abad ke XIV yaitu :
* ENDEKAN
* KASSA
* BATU LAPPA
* DURI
* MAIWA
* LETTA
* BARINGIN

Sedangkan pada masa kerajaan berubah menjadi LIMA MASSENREMPULU yakni :
* ENDEKAN
* DURI
* MAIWA
* KASSA
* BATU LAPPA

( Kira – kira abad ke XVII ) Karena Politik Devide At Impera Pemerintah Belanda memecah daerah ini dengan adanya Surat Keputusan dari Perintah Kerajaan Belanda (KORTE VERKLARING ) dimana kerajaan KASSA dan kerajaan BATU LAPPA dimasukkan ke SAWITTO. Ini terjadi ± Tahun 1905 ( abad XX ), sehingga untuk tetap pada keadaan LIMA MASSENREMPULU tersebut, maka kerajaan-kerajaan yang ada didalamnya dipecah sehingga menjadi :
* ENDEKAN (Enrekang)
* MAIWA
* ALLA
* BUNTU BATU
* MALUA

Kerajaan pada zaman penjajahan Belanda secara administrasi disebutt LANDSHCAP.

Tiap Landshcap dipimpin oleh seorang Arung yang di bantu oleh SULEWATANG dan PABBICARA ARUNG LILI tetapi kebijaksanaan tetap ditangan Belanda sebagai pegawas (KONTROLEUR).
1. Zaman penjajahan Belanda tahun 1012 sampai dengan 1941 berubah kembali menjadi ”ONDER AFDELING” yang dikepalai oleh seorang Kontroleur ( Tuan PETORO ).
2. Zaman Pendudukan Jepang ( 1941 – 1945 ) ONDER AFDELING ENREKANG berubah nama menjadi KANRIKAN, Pemerintahan dikepalai oleh seorang BUNKEM KANRIKAN.
3. Zaman NICA ( NIT 1946 – 27 Desember 1949 ) kembali Kawasan Massenrempulu menjadi ONDER AFDELING ENREKANG.
4. Kemudian sejak tanggal 27 Desember 1949 sampai 1960 Kawasan Massenrempulu berubah menjadi KEWEDANAAN ENREKANG dengan pucuk pimpinan Pemerintahan disebut Kepala Pemerintahan Negeri Enrekang ( KPN ENREKANG ) yang meliputi 5 SWAPRAJA :
* SWAPRAJA ENREKANG
* SWAPRAJA ALLA
* SWAPRAJA BUNTU BATU
* SWAPRAJA MALUA
* SWAPRAJA MAIWA

Adapun mantan Kepala Pemerintahan Negeri Enrekang (KPN) :

* ABDUL HAKIM
* ABDUL RAHMAN, BA.
* ABDUL MADJID PATTAROPURA
* NUHUNG
* A T J O

Yang menjadi catatan atau lembaran sejarah, bahwa dalam perjuangan atau pembentukan Kewadanaan Enrekang ( 5 SWAPRAJA) menjadi DASWATI II / DAERAH SWANTARA TINGKAT II ENREKANG atau KABUPATEN MASSENREMPULU. (ingat bahwa yang disetujui kelak dengan nama Kabupaten Dati II Enrekang mungkin karena latar belakang historisnya). Adapun pernyataan resolusi tesebut :

1. Pernyataan Partai / Ormas Massenrempulu di Enrkeang pad tanggal 27 Agustus 1956.
2. Resolusi Panitia Penuntut Kabupaten Massenrempulu di Makassar pada tanggal 18 Nopember 1956 yang diketuai oleh ALMARHUM Drs. H.M. RISA.
3. Resolusi HIKMA di Pare pare tanggal 29 Nopember 1956.
4. Resolusi Raja-raja (ARUM PARPOL / ORMAS MASSENREMPULU ) di Kalosi PADA tanggal 14 Desember 1956

Tokoh-tokoh / Sesepuh MASSENREMPULU yang mempelopori terbentuknya Kabupaten Enrekang antara lain :

* Drs. H. M. RISA
* Drs. H. M. THALA
* H. ANDI SANTO
* PALISURI
* H. M. YASIN
* ANDI MARAINTANG
* ANDI BASO NUR RASYID
* ANDI TAMBONE
* BOMPENG RILANGI
* ANRI ENRENG
* ABDUL RAHMAN, BA.
* dan masih banyak lagi tokoh-tokoh lainnya yang belum sempat disebutkan satu persatu.

Berdasarkan PP No. 34 Tahun 1962 dan Undang-Undang NIT Nomor 44 Tahun 1960 Sulawesi terpecah dan sebagai pecahannya meliputi Administrasi (AFDELING) Parepare yang lebih dikenal dengan nama Kabupaten Parepare lama, dimana kewedanaan Kabupaten Enrekang adalah merupakan salah satu daerah diantara 5 (lima) Kewedanaan lainnya.

Selanjutnya dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959 (Lembaran Negara Tahun 1959 Nomor 74 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Sulawesi atau daerah Swatantra Tingkat II (DASWATI II), maka Kabupaten Parepare lama terpecah menjadi 5 (lima) DASWATI II antara lain :

* DASWATI II ENREKANG
* DASWATI II SIDENRENG RAPPANG
* DASWATI II BARRU
* DASWATI II PINRANG
* DASWATI II PARE PARE

Kelima gabungan darah tersebut dari dulu dikenal dengan nama : AFDELING PAREPARE.

Dengan terbentuknya DASWATI II ENREKANG berdasarkan Undang-Undang Nomor : 29 Tahun 1959, maka sebagai tindak lanjut pada tanggal 19 februari 1960 dilantiklah saudara H. ANDI BABBA MANGOPO sebagai Bupati yang pertama dan hari terbentuknya DASWATI II Enrekang atau KABUPATEN ENREKANG berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959 tentang Pemerintahan Daerah.

Pemerintahan Sekarang

Sehubungan dengan ditetapkannya Perda Nomor : 4,5,6 dan 7 tahun 2002 tanggal 20 Agustus 2002 tentang Pembentukan 4 (empat) Kecamatan Definitif dan Perda Nomor 5 dan 6 Tahun 2006 tentang Pembentukan 2 Kecamatan sehingga pada saat ini enrekang telah memiliki 11 (sebelas ) Kecamatan yang defenitif yaitu :

1. Kecamatan Enrekang ibukotanya Enrekang
2. Kecamatan Maiwa ibukotanya Maroangin
3. Kecamatan Anggeraja ibukotanya Cakke
4. Kecamatan Baraka ibukotanya Baraka
5. Kecamatan Alla ibukotanya Belajen
6. Kecamatan Curio ibukotanya Curio
7. Kecamatan Bungin ibukotanya Bungin
8. Kecamatan Malua ibukotanya Malua
9. Kecamatan Cendana ibukotanya Cendana
10. Kecamatan Buntu Batu ibukotanya Pasui hasil pemekaran dari Kecamatan Baraka diresmikan oleh Bapak Bupati Enrekang yang dihadiri Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 19 Januari 2007.
11. Kecamatan Masalle ibukotanya Lo’ko hasil pemekaran dari Kecamatan Alla.

Selanjutnya dari 11 (sebelas) Kecamatan Defenitif terdapat 112 (seratus dua belas ) desa / kelurahan, yang terdiri dari 17 Kelurahan dan 95 desa.
Dari berbagai sumber: Update 30 Oktober 2009.




Read More..

PROFIL WALIKOTA YOGYAKARTA, H. HERRY ZUDIANTO

Posted by kpmmjogja.com 27 Oktober 2009 0 comments

PROFIL WALIKOTA YOGYAKARTA
H. HERRY ZUDIANTO

Herry Zudianto, SE.Akt, MM lahir pada tanggal 31 Maret 1955 di Yogyakarta ini merupakan salah satu putra daerah terbaik yang dimiliki Kota Yogyakarta saat ini. Masa kecil dan pendidikan dasar hingga meraih gelar Magister ditempuh dengan suka cita di kota kelahirannya. Selepas menamatkan pendidikan di SMA Negeri 3 Yogyakarta (1973) beliau melanjutkan studinya di Fakultas teknik Sipil UGM. Namun masih di universitas yang sama beliau kemudian pindah jurusan ke Fakultas Ekonomi hingga meraih gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1981. Sedangkan gelar Magister Manajemen diraihnya dari UII pada tahun 1997. Mungkin karena latar belakang pendidikan sebagai akuntan, dalam bidang organisasisuami dari Hj. Dyah Suminar, SE ini seringkali dipercaya sebagai bendahara, mulai dari lingkup RW hingga propinsi. Namun beliau juga menduduki berbagai jabatan penting lainnya di beberapa organisasi dan kegiatan sosial. Dalam meniti karir dan usaha, ayah dari Alfita Ratna Hapsari,S.KG, Arief Nur Wibawanta dan Annisa Rahma Herdyana ini pernah berkiprah sebagai internal auditor, pengusaha swasta hingga menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta serta menjadi nara sumber berbagai seminar dan lokakarya.



Menyebut Kota Yogyakarta saat ini tidak dapat lepas dari nama H. Herry Zudianto, Walikota Yogyakarta yang lebih suka menyebut diri sebagai Kepala Pelayan Masyarakat Kota Yogyakarta. Dalam kurun jabatannya sebagai Walikota Yogyakarta periode 2001 - 2006 tidak kurang dari 522 penghargaan dan kejuaraan telah diperoleh Kota Yogyakarta baik tingkat nasional maupun propinsi. Untuk tingkat nasional 139 penghargaan dan kejuaraan; diantaranya Penghargaan Widya Krama untuk keberhasilan menuntaskan Program Wajib Belajar 9 Tahun (Bidang Pendidikan) Tingkat Nasional, Penyelenggaraan Sanitasi (Bidang Pemukiman) Terbaik Tingkat Nasional, Penghargaan Adipura Bangun Praja (Bidang Lingkungan) Terbaik Tingkat Nasional, Penghargaan Kota Bersih (Bidang Lingkungan) Terbaik Tingkat Nasional, Otonomi Awad (Bidang Pemerintahan) Grand Category Region in Leading Profile on Political Performance, Special Category Region in a Leading Innovative Breakthrough on Public Accountability, dan belum lama ini Kota Yogyakarta meraih kembali Penghargaan Adipura untuk kategori kota besar (Bidang Lingkungan) terbaik tingkat Nasional. H. Herry Zudianto terpilih kedua kalinya sebagai Walikota Yogyakarta melalui Pilkada Langsung untuk periode jabatan 2006 - 2011.



Read More..

Hatta: Gaji Belum Naik Kok Sudah Ribut

Posted by kpmmjogja.com 26 Oktober 2009 0 comments

Gaji para pejabat mulai dari menteri hingga presiden akan disesuaikan. Namun Menko Perekonomian Hatta Rajasa membantah konteks penyesuaian adalah kenaikan gaji. Yang benar adalah gaji disesuaikan dengan struktur.

Hatta juga menegaskan, hingga kini gaji menteri masih Rp 18 juta. Hatta merasa bingung dengan orang-orang yang meributkan wacana kenaikan gaji, padahal saat ini baru dalam tahap pembahasan.

"Itu kok gajinya belum naik sudah ribut, nggak ada itu," ujar Hatta di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (26/10/2009).



Menurut Hatta, masalah kenaikan gaji ini masih dalam pembahasan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Men PAN). Men PAN sedang mengkaji Peraturan Pemerintah mengenai kenaikan gaji. Namun, PP ini, tambah Hatta tidak membahas mengenai besaran kenaikan gaji tersebut.

"MenPAN itu sedang melihat dan tidak dalam konteks menaikkan gaji menteri. Tapi ada PP lama sekali itu menyangkut struktur sampai ke haji seluruh pejabat sampai ke DPR. MennegPAN melihat struktur itu, bukan temanya menaikkan gaji menteri," ujar

Mengenai penambahan gaji dalam alokasi APBN, Hatta menyatakan pembahasan itu akan dibicarakan antara Menteri Keuangan dengan DPR. Hatta menegaskan tidak akan ada pembahasan mengenai anggaran secara sendiri-sendiri.

"Jadi tidak bisa membahas sendiri segala sesuatu yang menyangkut anggaran," tegas Hatta.

Menanggapi kenaikan gaji ini, beberapa menteri belum bisa memberikan tanggapan pasti. Seperti Menteri BUMN Mustafa Abubakar yang menyatakan akan menyerahkan segala sesuatu mengenai kenaikan gaji ini kepada pihak Kementerian PAN. Pihaknya mengakui memang ada sedikit kecemburuan antara pemerintah dengan BUMN mengenai masalah gaji ini tetapi hal ini akan segera dievaluasi.

"Itu kan sudah sistem lama yang terbangun. Kali ini akan dievaluasi dr kementerian termasuk sampai ke presiden. Kami pun akan melihat ke dalam sistem penggajian regenerasi lingkup korperasi di bawah kementerian BUMN," jelas Mustafa.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menyatakan kenaikan gaji ini akan diterima dengan senang hati tetapi jika tidak, dirinya tidak akan mempermasalahkan. Namun, Hidayat berpendapat hal ini perlu dipikirkan urgensinya dengan situasi politik saat ini.

"Kalau naik ya syukur kalau tidak ya sudah. Menurut saya patut dipikirkan, urgent atau tidak dilihat suasana politik," ungkap Hidayat.

Sementara Menko Kesra Agung Laksono dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi tidak berkomentar jauh.

"Saya kira kami belum membahas sejauh itu, kita lagi membahas program 100 hari," ujar Agung.

"Saya belum tahu wacana itu jadi saya belum bisa berkomentar," tegas Freddy.




Read More..

HARI ULANG TAHUN KPMM KE-12 BERLANGSUNG ‘PANAS’ DAN ADU SARAF

Posted by kpmmjogja.com 0 comments
Hari ulang tahun KPMM ke 12 berlangsung sederhana di asrama yang belum tersentuh renovasi sejak gempa bumi tahun 2006 ini, berlangsung ‘panas’ dan penuh dengan adengan adu saraf. Ulang tahun kali ini dihadiri oleh sebagian besar pelajar, mahasiswa dan sesepuh serta tamu undangan. Tamu undangan yang hadir diantaranya ketua DPW Hikmah cabang Yogyakarta, Bapak Azkari. Turut hadir pengawas dan asset pemda yang ditunjuk langsung oleh Bapak bupati, Muhammad Nur, SH. M.Kn.

Acara berlangsung dari jam 8 sampai dengan jam setengah 10 malam. Setelah pembukaan dengan membaca basmalah, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an surat Al Furqan. Saat pembacaan ayat suci, semua hadiran hikmat sebagai wujud penyerahan diri kepada Allah SWT. Namun, setelah beberapa menit, forum kembali cair dengan selingan sambutan awal oleh ketua KPMM Jogjakarta periode 2009. “Kita telah banyak melakukan kegiatan pada kepengurusan kali ini. Kita telah memperkenalkan KPMM, baik di daerah maupun di Jawa ini. KPMM ke depan akan semakin solid, apalagi saat ini, teman-teman kita di Malang telah memutuskan untuk menjadi Cabang dari KPMM Jogjakarta.” Kata Jasman dalam sambutannya.



Setelah sambutan dari ketua KPMM, selanjutnya sambutan dari yang dipertuakan, Bapak Azkari. Bapak ini telah berpuluh-puluh tahun di Jogjakarta, bahkan telah memiliki cucu. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat ulang tahun KPMM Jojakarta yang ke 12, semoga tetap eksis dan memberikan yang terbaik untuk daerah kita “Enrekang”. Hal senada juga disampaikan oleh Bapak Muhammad Nur dalam kapasitasnya sebagai pengawas dan asset pemda Enrekang yang ada di Yogyakarta. “Sebenarya, asset yang paling berharga adalah kalian ini, para pelajar dan mahasiswa. Kalau bangunan ini, tidak seberapa harganya, apalagi belum direnovasi kayak gini.” Kata bapak yang sejak tahun 90-an telah di Yogyakarta mengomentari statusnya sebagai pengawas asset. “Oh..iya, sebenarnya ada yang ingin saya katakana, tapi nanti saja kalau acara ini sudah selesai.” Sambung bapaknya memandangku seakan memohon kepada hadirin untuk menyempatkan waktu setelah acara formal. “Ada apa ya…?” Kata kami sembari memandangi satu sama lain. Bersambung ….



Read More..

Tim Sepeda Jelajah Nusantara Kesulitan Rute Enrekang

Posted by kpmmjogja.com 0 comments
ENREKANG -- Rombongan tim sepeda jelajah nusantara yang diikuti 70 peserta mengalami kesulitan saat menempuh rute di Kabupaten Enrekang, Minggu, 18 Oktober. Medan jalan sepanjang rute yang dilalui peserta cukup berat.

Peserta sepeda jelajah nusnatara dari berbagai daerah seperti Kalimantan, Papua, dan Jawa Barat, termasuk satu turis dari Selandia Baru, Poitra, menempuh rute Desa Kaluppini, Kecamatan Enrekang, melewati rute desa Data, Sarong, dan Leon lalu finis di Desa Mendatte, Anggeraja.

Peserta dilepas asisten II Setda Enrekang, Mustakim di Desa Kaluppini pukul 08.00 Wita dan finis pada sore hari. Para peserta mengaku kesulitan melewati rute tersebut karena medan jalan yang sangat berat.
"Jalan menanjak dan menurun selalu bergantian yang memberatkan karena medan jalan yang masih jalan perintisan sehingga banyak bebatuan di jalan," kata Basri, peserta yang pertama finis.



Basri menjelaskan, sepanjang perjalanan, tiga orang rekannya pingsan, itu karena terik matahari yang cukup panas. Dia mengatakan, rute yang dilaluli di Kabupaten Enrekang cukup menatang dibanding rute lainnya yang pernah dijelajahi di Sulsel seperti Jeneponto dan Maros.

"Jaraknya hanya sekira 30 kilometer, tapi ditempuh delapan jam. Rute Enrekang cukup menantang deh," kata Basri. Padahal, prakiraan sebelumnya rute tersebut bisa ditempuh paling lambat lima jam dan dijadwalkan makan siang di Desa Mendatte. Ternyata prakiraan itu meleset. (kas)

Komentar:
Kami saat SMA dulu, pernah mengajukan proposal untuk keliling Enrekang dengan jalan kaki. Kegiatan ini sebagai wujud kecintaan dan penasaran kami terhadap bumi massenrempulu yang luas nan unik kala itu. Tapi, proposal itu belum direalisasi sampai sekarang. Mudah-mudahan ke depan ada yang merealisasikannya.
Read More..

Dangke Enrekang Sulit Diekspor

Posted by kpmmjogja.com 23 Oktober 2009 0 comments
ENREKANG -- Produksi dangke Enrekang yang masih sangat terbatas menjadi kendala bagi pengusaha untuk memenuhi permintaan dari Luar Negeri. Kepala Dinas Peternakan Enrekang, Drs Yunus Abbas, bahkan mengaku belum bisa memenuhi kebutuhan pangsa pasar ke luar negeri mengenai produksi Dangke.

Ia mengatakan, produksi dangke setiap harinya hanya bisa mencapai 2.200 biji. Jumlah ini hanya bisa memenuhi permintaan warga Enrekang.
"Rata-rata jumlah ini habis satu hingga dua hari, sehingga untuk
memenuhi kebutuhan konsumen di luar daerah termasuk untuk diekspor ke luar negeri itu tidak bisa direalisasikan," katanya.
Estimasinya, untuk memproduksi satu biji dangke, diperlukan 1,5 liter susu. Berarti dibutuhkan 330 liter susu perhari untuk dapat memproduksi sekira 2.200 biji.

Pemkab Enrekang rencananya akan melakukan penambahan induk sapi
perah untuk memenuhi kebutuhan susu sebagai bahan baku dangke. Tahun 2009 ini, kata Yunus, Pemprov telah berjanji akan membantu pengadaan 100 ekor induk sapi perah.

"Kita berharap ada bantuan sapi dari pemerintah pusat dan provinsi, sehingga kebutuhan dangke konsumen baik di Enrekang maupun di luar kabupaten atau di luar negeri bisa terpenuhi,"jelasnya. (mir/din/b)





Read More..

La Tinro Geser 8 Pejabat Eselon

Posted by kpmmjogja.com 0 comments
ENREKANG -- Bupati Enrekang, Haji La Tinro La Tunrung melakukan mutasi pejabat di lingkup pemerintah Kabupaten Enrekang. Setidaknya 8 pejabat eselon II digeser.
Namun, mutasi yang digelar orang nomor satu di Enrekang itu terkait adanya beberapa kasus yang menimpa SKPD yang dipimpinnya. Yang paling mencolok adalah, mutasi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Enrekang, H Djayadi Silamma menjadi Asisten Administrasi Umum Sekda Enrekang mengantikan Irfan Barung.
Mutasi H Djajadi Silamma bahkan dikait-kaitkan dengan kasus pembobolan ruangan bagian keuangan Dinas Pendidikan yang menyebabkan puluhan juta uang dan data penting raib.

Mantan Kadis Pendidikan, H Djayadi Silamma yang dihubungi, Kamis kemarin, menampik semua rumor terkait mutasi itu. Ia menegaskan, mutasi dilakukan sesuai Keputusan Bupati Enrekang, dalam rangka penyegaran organisasi.LENGKAPNYA DI EDISI CETAK
"Tolong jangan bikin opini yang merugikan saya. Tidak benar, jika saya pindah terkait adanya masalah di Diknas, ini perlu diklarifikasi," tegas Djayadi.



Ditemui terpisah, mantan Kepala Dinas Perhubungan, Informasi, Kebudayaan dan
Pariwisata Enrekang, Drs Arfah Rauf yang kini menjabat Kadis Dikpora dan dilantik oleh Bupati Enrekang, Kamis, 22 Oktober kemarin, mengatakan, bahwa dirinya tidak akan langsung bertugas di Diknas. Sebelumnya, Arfah juga akan meminta tim audit inspektorat untuk melakukan audit internal di Dinas Pendidikan.

"Sebelum saya bertugas di Diknas, saya akan minta kepada inspketorat
untuk melakukan audit di Dikpora. Ini untuk menghindari penilaian buruk di dinas itu," kilahnya.



Read More..

Susunan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II

Posted by kpmmjogja.com 0 comments
Ini dia yg katanya susunan kabinet SBY 2009-2014 yg beredar. Susunan Kabinet Pemerintahan SBY 2009-2014 ini kebetulan didapatkan dari sumber berita di berbagai sumber barusan. Inilah susunan final, susunan kabinet SBY-Boediono ini sudah didapatkan.

Berikut ini nama-nama menteri dan pejabat setingkat menteri yang akan duduk di kabinet periode 2009-2014.
Berikut ini nama-nama menteri dan pejabat setingkat menteri yang akan duduk di kabinet periode 2009-2014.

1. Menko Polhukam: Djoko Suyanto
2. Menko Perekonomian: Hatta Rajasa
3. Menko Kesra: Agung Laksono
4. Menteri Sekretaris Negara: Sudi Silalahi
5. Menteri Dalam Negeri: Gamawan Fauzi
6. Menteri Luar Negeri: Marty Natalegawa
7. Menteri Pertahanan: Purnomo Yusgiantoro
8. Menteri Hukum dan HAM: Patrialis Akbar
9. Menteri Keuangan: Sri Mulyani


10. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral: Darwin Saleh
11. Menteri Perindustrian: M.S Hidayat
12. Menteri Perdagangan: Mari Elka Pangestu
13. Menteri Pertanian: Suswono
14. Menteri Kehutanan: Zulkifli Hasan
15. Menteri Perhubungan: Fredy Numberi
16. Menteri Kelautan dan Perikanan: Fadel Muhammad
17. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi: Muhaimin Iskandar
18. Menteri Pekerjaan Umum: Djoko Kirmanto
19. Menteri Kesehatan: Endang Rahayu Setyaningsih
20. Menteri Pendidikan Nasional: M Nuh
21. Menteri Sosial: Salim Segaf al Jufrie
22. Menteri Agama: Suryadharma Ali
23. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata: Jero Wacik
24. Menteri Komunikasi dan Informatika: Tifatul Sembiring
25. Menteri Negara Riset dan Teknologi: Suharna Surapranata
26. Menteri Negara Koperasi dan UKM: Syarief Hasan
27. Menteri Negara Lingkungan Hidup: Gusti Muhammad Hatta,
28. Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Linda Agum Gumelar,
29. Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara: EE Mangindaan,
30. Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal: Helmy Faishal Zaini
31. Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas: Prof. Armida Alisjahbana
32. Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara: Mustafa Abubakar
33. Menteri Negara Perumahan Rakyat: Suharso Manoarfa
34. Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga: Andi Mallarangeng



Read More..

Telapak Kaki Perdana Menteri Malaysia Diabadikan

Posted by kpmmjogja.com 19 Oktober 2009 0 comments
Bantahan terhadap pernyataan Andi Mallarrangeng "Orang Makassar belum saatnya jadi Presiden."
Makassar: Jejak telapak kaki Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak yang didampingi istrinya Datin Sri Rosmah Mansyur diabadikan dengan dicetak pada tanah liat saat pulang kampung ke tanah leluhurnya, di kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Jumat (15/5).

Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo mengatakan pengambilan jejak telapak PM Malaysia ini diabadikan sebagai kenangan sejarah, akan dibuat beberapa cetakannya dari keramik untuk disimpan dibeberapa tempat diantaranya di Museum Balla Lompoa Gowa.


Jejak telapak kaki diambil dengan menjejakkan kaki Najib dan istrinya diatas tanah liat, dimana tanah liat ini diambil di tempat pelantikan raja-raja Gowa di daerah Katangka yang merupakan tempat turunya raja Gowa pertama yakni I Tumanurung.

Imanuddin Jaya, staf pengajar bagian seni dan budaya yang juga panitia kegiatan kedatangan PM Malaysia di Gowa, mengatakan jejak telapak kaki PM Malaysia ini diambil mulai dari kaki sebelah kanan yang maknanya semua hal selalu dimulai dengan kebaikan, barulah kemudian disusul kaki kiri.

Ichsan menjelaskan hubungan silsilah kerajaan Gowa dengan PM Malaysia. Raja Gowa ke-16 yakni I Mallombasi Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape Muhammad Bakir yang bergelar Sultan Hasanuddin memiliki putra yakni Raja Gowa ke-19 I Mappadulung Daeng Mattimung Karaeng Sanrobone Sultan Abdul Djalil Tumenanga ri Lakiung, salah satu dari putra Sultan Abdul Djalil ini merantau ke Paha, Malaysia yang kemudian melahirkan keturunan yakni Tun Abdul Razak.

Najib sendiri mengungkapkan bahwa kunjungannya kali ini bukan datang melainkan balik ke tanah leluhur, karena dia masih keturunan dan anak Gowa. "Saya ini anak keturunan Djalil yang merantau sampai generasi kesebelas yang akhirnya kembali, jadi darah yang mengalir dalam tubuh saya adalah sarah Gowa," katanya sembari menegaskan bahwa kedatangannya bukan untuk mengambil tahta Gowa.

Najib mengaku bangga menjadi keturunan kerajaan Gowa, dan semangat orang Bugis-Makassar yang selama ini masih melekat padanya. Ia juga mengaku bahwa Wakil Persiden, Jusuf Kalla pernah berkata soal ada falsafah yang dipegang orang Bugis-Makassar yakni 3 mata, masing-masing ujung lidah yang dimaknai orang Bugis-Makassar bijak dalam menyelesaikan masalah, ujung itu (maksudnya semacam kemaluan), dan ketika ujung pedang yang dimaknai bahwa dimana saja orang Bugis-Makassar dimana saja bisa berjaya.

PM Malaysia keenam ini mengungkapkan bahwa terimakasih atas sambutan hangat yang diterima di tanah leluhurnya, dan mengaku apa yang didapat saat ini termasuk kedudukannya, ada andil dari doa masyarakat Gowa. Ia berharap, pada perayaan hari jadi Gowa, 17 November mendatang keluarga besarnya bisa berkunjung kembali ke Gowa.

Dalam rombongan selain keluarga PM Malaysia, juga tampak Dubes Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Zein, Dubes Indonesia untuk Malaysia Dai Bachtiar bersama istri, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan istri.



Read More..

Kakak Kandung Syaifudin Zuhri Terguncang

Posted by kpmmjogja.com 09 Oktober 2009 0 comments
Liputan6.com, Jakarta: Anugerah kini dalam kondisi terguncang berat. Kakak kandung dua tersangka teroris, Syaifudin Zuhri bin Jaelani Irsyad alias Udin dan Muhammad Syahrir, itu terpukul setelah mengetahui kedua adiknya diduga tewas dalam penggerebekan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Markas Besar Polri di kawasan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (9/10) siang tadi.

Kondisi Anugerah yang mantan anggota DPRD Banten tersebut diungkapkan Ahfau, sopir pribadinya, kepada SCTV. Anugerah memang menolak ditemui wartawan. Hanya saja, menurut Ahfau, dalam waktu dekat majikannya akan ke Rumah Sakit Polri di Kramatjati, Jakarta Timur. Anugerah hendak memastikan jenazah kedua adiknya itu [baca: RS Polri Otopsi Dua Jenazah DPO Teroris].





Berdasarkan pantauan SCTV, suasana rumah Anugerah di kawasan Pamulang, Tangerang, Banten, tampak sepi. Bahkan, pintu rumah tertutup rapat. Tapi, sejauh ini belum terpasang tenda duka untuk menyambut jenazah kedua adiknya yang tewas dalam penggerebekan tim Densus 88 di Ciputat Timur.

Sebelumnya, pihak keluarga di Desa Sampora, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, mengaku pasrah jika memang yang tewas adalah Udin dan Syahrir. Mereka enggan memberikan komentar seputar kabar kematian dua anggota keluarganya. Namun, mereka tetap memantau perkembangan terbaru melalui layar televisi. Ibunda Syahrir, Asenih, bahkan tampak terpukul berat dan memilih selalu berbaring di tempat tidur [baca: Keluarga Syaifudin Zuhri Pasrah].(ANS)




Read More..

Mengejutkan, Obama Dapat Nobel Perdamaian

Posted by kpmmjogja.com 0 comments
OSLO, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama secara mengejutkan muncul sebagai penerima Nobel Perdamaian 2009 yang diumumkan pada Jumat (9/10) di Oslo, Norwegia. Ia dianggap melakukan usaha yang luar biasa untuk mendorong diplomasi internasional dan perdamaian, terutama pendekatannya terhadap masyarakat Islam dan upayanya untuk menekan profilerasi nuklir.

"Obama sebagai presiden telah menciptakan iklim baru di dalam politik internasional. Diplomasi multilateral telah menjadi posisi sentral lagi, dengan menekankan kepada peran Perserikatan Bangsa-Bangsa dan lembaga-lembaga internasional lainnya dapat ikut serta," ujar juri Komite Nobel Norwegia. Tidak seperti hadiah Nobel lainnya yang dipilih juri dari Swedia, khusus Nobel Perdamaian, keputusan memang diambil juri yang dipilih dari Parlemen Norwegia.



Dipilihnya Obama dinilai mengejutkan oleh para pengamat karena Obama baru duduk sebagai presiden sekitar dua minggu sebelum batas waktu pengajuan nominasi pada 1 Februari lalu. Sebelumnya, Obama dianggap masih terlalu dini sehingga namanya tak terlalu kencang diperbincangkan sebagai calon penerima Nobel Perdamaian.

Namun, juri Nobel menilai hanya sedikit orang sekaliber Obama yang bisa meraih begitu besar simpati dunia dan meyakinkan penduduknya akan masa depan yang lebih baik. Juri Nobel juga memberikan apresiasi khusus terhadap visi dan upaya Obama untuk mewujudkan dunia tanpa nuklir. "Cara diplomasinya mendasarkan kepada konsep bahwa siapapun yang memimpin dunia harus melakukannya dengan basis pada tata nilai dan sikap yang dimiliki sebagian besar populasi dunia," demikian pernyataan juri Nobel.

Obama merupakan Presiden AS ketiga yang pernah mendapatkan Nobel Perdamaian saat masih menjabat. Theodore Roosevelt yang pertama memperoleh hadiah tersebut tahun 1906 dan Woodrow Wilson tahun 1919.



Read More..

Golkar Akan Tarik Tokoh Liberal

Posted by kpmmjogja.com 0 comments
Golkar Akan Tarik Tokoh Liberal
Tak sampai sehari terpilih menjadi Ketua Golkar, Abu Rizal Bakrie mengaku akan “menarik” Rizal Mallarangeng, tokoh liberal yang sangat dekat dengan AS

Hidayatullah.com—Mantan tim sukses pasangan calon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boediono, Rizal Mallarangeng, tiba-tiba tercatat di dalam daftar pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar periode 2009-2015 yang dipimpin Aburizal Bakrie.

Susunan pengurus harian DPP Golkar hasil Musyawarah Nasional (Munas) di Pekanbaru, Riau, diumumkan di Hotel Labersa, Kamis (8/10) malam.

Anggota formatur dari wilayah timur, Ridwan Bae, mengatakan, Rizal yang juga adik kandung Juru Bicara Presiden, Andi Mallarangeng, menjabat Ketua Bidang Pemikiran dan Bagian Kebijakan.



Penyusunan pengurus dilakukan setelah Aburizal, yang kerap disapa Ical, terpilih sebagai Ketua Umum DPP Golkar. Ical menang mutlak atas tiga pesaingnya, yakni Surya Paloh, Tommy Soeharto, dan Yuddy Chrisnandi, Kamis (8/10).

Masuknya nama Rizal di dalam kepengurusan Golkar cukup mengejutkan kader Golkar. Pasalnya, pengamat politik ini sebelumnya dikenal amat "dekat" dengan Partai Demokrat.

Bahkan melalui lembaga Fox Indonesia, doktor ilmu politik lulusan Amerika Serikat (AS) ini bergabung dengan dua saudaranya yang lain --Choel Mallarangeng dan Andi Mallarangeng-- menjadi tim pemenangan pasangan SBY-Boediono pada Pemilihan Presiden (Pilpres) lalu, di mana Golkar mengusung pasangan Jusuf Kalla-Wiranto.

Tak pelak, saat anggota Dewan Formatur, Ridwan Bae membacakan nama Rizal, beberapa orang meneriakkan kata "huuu" begitu keras. Tak jelas apa makna teriakan itu. Namun yang pasti, selama ini Rizal memang tak pernah tercatat sebagai kader Golkar.

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie mengungkapkan alasannya menarik Rizal menjadi Ketua DPP Bidang Pemikiran dan Kajian Kebijakan.

"Golkar ingin membuat sebuah lembaga kajian. Kemampuan dia sudah teruji. Karena itu saya ambil dia. Siapapun yang diambil, harus sesuai dengan orang yang memakai, dan saya ingin memakai kepandaian dia," kata Ical, seusai penutupan Munas Golkar, tadi malam.

Liberal

Sebagaimana diketahui, Freedom Institute merupakan lembaga kajian yang didirikan keluarga Bakrie, di mana Rizal tercatat sebagai Direktur Eksekutif lembaga tersebut. "Saya yang meminta (Rizal), bukan dia yang minta ke saya," ujar Ical.

Freedom Institute adalah lembaga pemikiran yang selama ini dikenal publik dengan penyelenggaraan diskusi-diskusi rutinnya. Lembaga terpilih sebagai salah satu penerima 2006 Templeton Freedom Award Grants dari Atlas Economic Research Foundation. Jaringan think tank terbesar di dunia yang berbasis di Amerika Serikat itu akan memberi Freedom Institute hadiah sebesar US$10,000.

Penghargaan ini termasuk dalam kategori Templeton Freedom Award for Institute Excellence, yang juga diberikan kepada delapan lembaga lain di sejumlah negara. Hadiah akan diserahkan secara resmi pada acara Liberty Forum yang diselenggarakan Atlas pada 20-21 April di Colorado Springs, Colorado, AS.

Hadiah Templeton Freedom Award diberikan khusus kepada organisasi-organisasi yang dianggap menjanjikan Amerika, terutama mereka yang bergiat mengkampanyekan kebebasan ekonomi dan kebebasan individu.

Di antara program penting Freedom Institute adalah penerbitan buku liberal. Freedom Institute telah menerjemahan buku-buku pemikiran liberal, lebih kurang 10 judul dalam setahun. Lembaga ini juga melakukan pelatihan terhadap wartawan, penyenggaraan Forum Freedom, acara talk show yang disiarkan setiap Senin pagi di kantor berita beraliran liberal, Radio 68H (direlay 50 stasiun radio di seluruh Indonesia).

Sebagaimana diketahui pula, hubungan Aburizal Bakrie dan Rizal Mallarangeng memang dikenal akrab. Ini tak lain karena pendirian Freedom Institute mendapat dukungan keluarga Bakrie.

Dalam pidato acara “Achmad Bakrie Award” tahun 2006, almarhum WS Rendra sempat mengatakan, “Dalam hubungan kesejarahan itu bisa dipahami bahwa saya menaruh hormat yang tinggi kepada “Freedom Institute” dan keluarga Bakrie, yang sadar untuk mendorong kemajuan pertumbuhan kesusasteraan di Indonesia.”

Ini juga diakui Ical sendiri Kamis lalu di beberapa media massa. “Kalau orang lain tidak setuju tidak masalah. Rizal Mallarangeng adalah orang yang saya pakai membangun Freedom Institute,” katanya dikutip Kompas. [cha, berbagai sumber/www.hidayatullah.com]




Read More..

Enrekang Potensi Besar Kerajinan Tanah Liat

Posted by kpmmjogja.com 08 Oktober 2009 0 comments

Kpmmjogja (9/10). Tulisan ini saya buat, saat berjalan-jalan mengitari desa SumberSari, Moyudan, Sleman Yogyakarta beberapa hari yang lalu. Saya terkesimak melihat pengrajin yang memanfaatkan sumber daya alamnya secara maksimal. Kondisi seperti ini mengigatkan saya pada kampung halaman yang tentunya mempunyai pontensi yang sampai sekarang belum terjamah.

Satu kata untuk menjawab kekaguman saya, "Orang Jawa memang kreatif." Bahkan, Setelah gempa melanda Jogja beberapa tahun silam, kreatifitas mereka tidak lantas redup, malah makin menjadi-jadi karena berbanding lurus dengan pesanan yang semakin meningkat. Hal ini bisa dimaklumi, orang-orang di sini lebih banyak menggunakan atap genteng ketimbang seng.

Genteng yang mereka buat dinamakan sokka. Sokka ini dilihat dari kualitasnya dibagi menjadi 2 jenis. Jenis pertama dihaluskan sebanyak 3 kali sedangkan jenis 2 hanya dihaluskan sebanyak 2 kali. Kualitas satu lebih halus dan tahan terhadap lumut karena air hujan langsung mengalir pada genteng ini. Sedangkan kualitas dua, lebih cepat berlumut karena permukaannya kasar dan berpori-pori.


Kembali ke Daerah Enrekang, Dilihat dari potensi yang ada, Enrekang tidak kalah dengan daerah yang saya sebutkan di atas. Enrekang memiliki beribu-ribu hektar lahan yang belum dikelola secara maksimal. Salah satu daerah tersebut adalah daerah Maiwa. Di daerah ini terdapat lahan siap garap yang jenis tanahnya cocok untuk kerajinan. Kerajian yang dihasilkan bisa bermacam-macam, seperti gerabah, genteng, list, sampai pada mug dan keramik.

Di samping itu, masyarakat masih banyak yang menganggur sedangkan lapangan kerja yang disediakan pemerintah sangat terbatas. Maka tidak mengherankan, banyak pemuda-pemuda angkatan kerja yang naas menjadi tukang ojek atau buruh harian ketika musim panen padi tiba.

Kita semua memiliki tugas untuk mengatasi pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Masyarakat setidaknya harus dibekali keterampilan agar mampu mengolah tanah liat menjadi kerajinan yang bernilai jual tinggi. Pembekalan harus dilakukan oleh pemerintah dengan mendatangkan tim ahli dibidangnya. Setelah masyarakat memiliki keterampilan, pemerintah kemudian memberikan modal usaha. Modal usaha diberikan sebagai modal awal dan dikembalikan pada jangka waktu tertentu tanpa bunga. Dengan demikian, masyarakat dapat mandiri dan mampu mengolah setiap sumber daya alam yang dimilikinya.
Read More..

KEBIJAKAN 'LIGHT ON' DI JOGJA

Posted by kpmmjogja.com 0 comments
kpmmjogja (8/10/09). Kepolisian Yogyakarta mengeluarkan peraturan light on pada semua kendaraan roda dua. Peraturan ini bertujuan untuk mengurangi kecelakaan yang sering terjadi belakangan ini. Peraturan light on adalah aturan menyalakan lampu kendaraan roda dua pada siang hari. Peraturan ini masih dalam tahap himbauan kepada masyarakat untuk satu bulan ke depan. Setelah itu, maka setiap kendaraan yang tidak menyalakan lampu pada siang hari akan dikenakan tilang.


Pertanyaan yang muncul dari peraturan ini adalah efektifkah untuk jangka waktu lama? Selaku manusia, kita memiliki batasan untuk menganggap sesuatu itu luar biasa atau menakjubkan. Ketika hal yang luar biasa itu sering kita lihat, maka hal yang luar biasa menjadi biasa-biasa saja. Berangkat dari sini, maka peraturan yang bertujuan untuk memberikan kesan kehati-hatian akan dianggap biasa untuk jangka waktu yang lama. Masyarakat akan menganggap tidak ada bedanya antara menyalakan lampu dengan tidak ketika peraturan light on ini sudah diterapkan secara permanen. Di samping itu, masyarakat akan kehilangan kepekaan ketika suatu saat ada kejadian yang memerlukan light on.




Read More..

Kenali Istilah Kimia Pada Kosmetik

Posted by kpmmjogja.com 1 comments
[Kosmetik mineral] Kosmetik mineral

VIVAnews - Sebagian besar wanita mengaku tidak mengenal dan mengetahui fungsi dari bahan kimia yang tertera pada kosmetiknya.

Padahal sangat penting bagi kita untuk mengetahui fungsi bahan kimia tersebut pada kulit. Dengan mengetahui fungsinya, kita tidak akan salah saat memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit. Berikut istilah kimia yang banyak tertera pada kosmetik dan Anda harus memahaminya.

- Salicylic Acid

Salicylic Acid juga biasa ditulis Beta hydroxy acid (BHA). Bahan kimia ini diperuntukkan untuk jenis kulit normal dan berminyak. BHA sangat baik untuk mengatasi jerawat dan iritasi kulit. Cara kerja BHA atau salicylic acid ini adalah melalui penetrasi sebum (kandungan minyak pelembab kulit) yang menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo. Hindari menggunakan BHA jika Anda memiliki jenis kulit kering atau sensitif. "Menggunakan BHA secara teratur bisa mengurangi pertumbuhan komedo dan jerawat," kata Leslie Baumann, profesor dermatologi dari University of Miami, di Amerika Serikat seperti vivanews kutip dari Real Simple, Rabu 7 Oktober 2009.

- Ferulic Acid

Ferulic acid bisa juga ditulis 4-hydroxy-3-methoxycinnamic acid. Ferulic acid sangat cocok untuk kulit kering dan normal. Bahan kimia yang satu ini berfungsi melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan. Ferulic acid digunakan untuk menstabilkan vitamin C dan E yang juga terkandung dalam kosmetik, saat digunakan pada kulit. Gabungan ketiganya bisa menjadi pelindung kulit dari sengatan sinar matahari dan menetralisir radikal bebas yang menempel pada kulit.

- Niacinamide

Niacinamide, sering juga ditulis nicotinamide, diperuntukkan bagi Anda yang memiliki kulit kering. Fungsi dari niacinamide sebagai pelindung kulit dari sengatan matahari, iritasi dan penuaan. Cara kerja niacinamide adalah merangsang mikro sirkulasi dan mencegah berkurangnya kandungan air pada kulit. Niacinamide ini memicu produksi ceramide, yang berfungsi merekatkan sel dan mencegah kulit kering.

- Idebenone

Ubiquinone dan coenzyme Q-10 adalah nama lain dari Idebenone. Idebenone ini bisa digunakan pada semua jenis kulit. Fungsinya melindungi kulit dari sinar matahari, iritasi dan penuaan. Idebenone adalah salah satu bahan dengan antioksidan tertinggi yang banyak terdapat pada bahan-bahan kosmetik.




Read More..

Wapres: Belum Ada Bantuan Asing Berupa Dana

Posted by kpmmjogja.com 04 Oktober 2009 0 comments
Padang (ANTARA) - Wapres Joesuf Kalla mengatakan hingga kini belum ada bantuan pihak asing berupa dana tunai untuk membantu korban gempa di Sumbar, kecuali bantuan tenaga evakuasi dan tim medis.

"Belum ada bantuan yang diberikan negara asing dalam bentuk dana. Sejumlah negara yang berpartisipasi semuanya memberikan bantuan tenaga medis dan obat-obatan. Bantuan tersebut justru berlebih, kita tidak butuh lagi," kata Wapres di kediaman Gubernur Sumbar, di Jalan Jenderal Sudirman, Padang, Sabtu.


Menurut JK, "Sesuai dengan arahan Presiden SBY, kita tidak boleh meminta bantuan dana dari asing akan tetapi jika mereka memberikan, Menkeu sudah membuka rekening."

Terkait itu, JK mengatakan Indonesia terbuka menerima bantuan dari negara mana saja asalkan dalam bentuk dana.

Wapres menjelaskan, bantuan rehabilitasi rumah tidak dibebankan dalam APBD melainkan bantuan dari Pemerintah Pusat dan bantuan tersebut diturunkan setelah verifikasi selesai.

"Setelah verifikasi selama dua minggu, bantuan rehabilitasi rumah masyarakat yang rusak sedang, berat dan ringan langsung bisa dimulai pengerjaannya. Pelaksanaan pembangunan diserahkan pada masyarakat sendiri," katanya.

Sementara itu bantuan dana perbaikan rumah masyarakat dari pemerintah sama dengan kondisi bencana di Yogyakarta tergantung tingkat kerusakan mulai dari Rp5 juta hingga Rp15 juta, dan Rp30 juta.

Khusus untuk bangunan-bangunan komersial, tambah Wapres, menjadi tanggung jawab pihak asuransi jika bangunan tersebut diasuransikan. Jika tidak, pemilik bangunan terkait yang bertanggung jawab.




Read More..

lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil Departemen Perdagangan Ta. 2009-2010

Posted by kpmmjogja.com 03 Oktober 2009 0 comments


Dalam rangka mengisi lowongan formasi Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 529.F/M.PAN/7/2009 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Formasi CPNS Pusat Tahun 2009, Departemen Perdagangan membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan memenuhi ketentuan-ketentuan berikut dan mengikuti seluruh proses seleksi.



Kualifikasi Pendidikan

Jumlah Formasi dan Kualifikasi Pendidikan yang dibutuhkan sebagai berikut:

Diploma 3

* Administrasi Bisnis/Administrasi Perkantoran/Manajemen Perusahaan: 7 orang.
* Akuntansi/Sistem Informasi Akutansi/Komputerisasi Akuntansi/Administrasi Keuangan: 11 orang.
* Akuntansi/Sistem Informasi Akutansi/Komputerisasi Akuntansi: 1 orang.
* Analis Kimia/Teknik Kimia/Teknologi Kimia Tekstil/Teknologi Kimia Industri/Kimia Industri: 2 orang.
* Fisika Instrumentasi/Fisika Terapan: 1 orang.
* Fisika Instrumentasi/Manajemen Industri/Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika/Teknik Perancang Manufaktur: 2 orang.
* Ilmu Komunikasi/Komunikasi Terapan/Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan/Penyiaran: 3 orang.
* Kearsipan: 2 orang.
* Manajemen Informatika/Teknik Komputer/Teknik Informatika: 3 orang.

Sarjana S1

* Administrasi Bisnis/Administrasi Publik: 1 orang.
* Administrasi Bisnis/Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Ekonomi Pembangunan/Sosial Ekonomi Pertanian/Sosek Peternakan/Sosek Perikanan/Agribisnis: 6 orang.
* Akuntansi/ Komputer Akuntansi: 1 orang.
* Akuntansi: 2 orang.
* Desain Komunikasi Visual/Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat/Ilmu Komunikasi/Jurnalistik: 3 orang.
* Fisika/Teknik Fisika/Fisika Teknik: 2 orang.
* Fisika/Teknik Fisika: 2 orang.
* Hubungan Internasional/Ilmu Administrasi Niaga/Administrasi Bisnis: 2 orang.
* Hubungan Internasional: 2 orang.
* Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/ Ekonomi Pembangunan/Manajemen Program Pembangunan/Hubungan Internasional/Ilmu Komunikasi/Ilmu Administrasi Niaga/Administrasi Bisnis: 1 orang.
*
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Ekonomi Pembangunan/Manajemen Program Pembangunan/Manajemen Perekonomian Negara: 4 orang.
* Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Ekonomi Pembangunan/Manajemen Program Pembangunan: 4 orang.
* Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Ekonomi Pembangunan/Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis: 10 orang.
* Ilmu Hukum/Hukum Internasional/Hubungan Internasional: 3 orang.
* Ilmu Hukum/Hukum Internasional: 2 orang.
* Ilmu Hukum: 6 orang.
* Ilmu Sosial/Ilmu Kesejahteraan Sosial/Antropologi Sosial: 1 orang.
* Kimia/ Teknik Kimia: 4 orang.
* Manajemen Keuangan dan Perbankan: 1 orang.
* Manajemen Pendidikan/Administrasi Pendidikan/Teknologi Pendidikan: 3 orang.
* Perikanan/Teknologi Hasil Perikanan/Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya/Hortikultura/Teknologi Hasil Pertanian: 2 orang.
* Psikologi/Manajemen Personalia: 4 orang.
* Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis/Ilmu Kelautan/Sosial Ekonomi Pertanian/Sosek Peternakan/Sosek Perikanan: 5 orang.
* Sosial Ekonomi Pertanian/Sosial Ekonomi Peternakan/Sosial Ekonomi Perikanan/Agribisnis: 4 orang.
* Statistika/Matematika: 2 orang.
* Teknik Elektro/Elektronika dan Instrumentasi: 2 orang.
* Teknik Elektro/Fisika/Teknik Fisika/Fisika Teknik/Teknik Elektronika/Elektronika dan Instrumentasi: 1 orang.
* Teknik Elektro/Fisika/Teknik Fisika/Fisika Teknik/Teknik Elektronika: 1 orang.
* Teknik Elektro/Fisika/Teknik Fisika: 1 orang.
* Teknik Elektro/Teknik Elektronika/Elektronika dan Instrumentasi: 2 orang.
* Teknik Komputer/Ilmu Komputer/Teknik Informatika: 19 orang.
* Teknik Lingkungan/Biologi Lingkungan: 1 orang.
* Teknologi Hasil Perikanan/Teknologi Hasil Pertanian/Teknologi Hasil Kehutanan/Teknologi Pangan: 2 orang.
* Teknologi Hasil Pertanian/Teknologi Hasil Kehutanan/Nutrisi dan Teknologi Pangan/Teknologi Industri Pertanian: 1 orang.
* Teknologi Pangan/Nutrisi dan Teknologi Pangan/Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian/Teknik Industri: 3 orang.
* Teknologi Pangan/Nutrisi dan Teknologi Pangan/Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian: 2 orang.

Profesi

*
Dokter Umum: 1 orang.

Sarjana S2

*
Administrasi Bisnis/Perencanaan dan Kebijakan Publik/Studi Logistik: 2 orang.
*
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Ilmu Ekonomi/Magister Ekonomika/Ekonomi Pertanian/Ilmu Ekonomi Pertanian/Administrasi Publik/Ilmu Administrasi Negara/Ilmu Hubungan Internasional: 2 orang.
*
Ilmu Ekonomi/Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Magister Ekonomika/Ekonomi Pertanian: 2 orang.
*
Ilmu Hukum/Hukum Bisnis/Hukum Perdata: 1 orang.
*
Ilmu Hukum: 1 orang.
*
Ilmu Manajemen/Manajemen Agribisnis/Ilmu Ekonomi/Ilmu Ekonomi Pertanian/Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Magister Ekonomika: 2 orang.
*
Internasional Bisnis/Ilmu Ekonomi/Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/Magister Ekonomika/Ekonomi Pertanian/Manajemen Komunikasi/Ilmu Manajemen/Manajemen Agribisnis/Akuntansi: 2 orang.
*
Sains Psikologi/Psikologi/Psikologi Perkembangan/Manajemen Pendidikan/Administrasi Pendidikan/Manajemen Sumber Daya Aparatur: 2 orang.
*
Statistika/Matematika: 1 orang.
*
Teknik Lingkungan/Kimia/Ilmu Lingkungan/Teknik Metalurgi dan Material/Ilmu dan Teknik Material/Ilmu Material/Fisika/Ilmu Fisika: 3 orang.

Persyaratan Pelamar

Persyaratan Umum

*
Warga Negara Indonesia;
*
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
*
Memiliki Integritas yang tinggi terhadap NKRI;
*
Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun per 31 Desember 2009
*
Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon Anggota/Anggota TNI/POLRI;
*
Tidak berkedudukan sebagai Anggota atau Pengurus Partai Politik;
*
Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/ Anggota TNI/ POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta;
*
Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Putusan Pengadilan;
*
Memenuhi jenjang pendidikan dan kualifikasi pendidikan yang sesuai;

Persyaratan Khusus

*
Lulus Perguruan Tinggi Negeri/ Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dibuktikan dengan Nomor SK dari Badan Akreditasi Nasional dan tertera pada ijazah/ transkrip nilai.
*
Untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat pengesahan dari Ditjen Pendidikan Tinggi disertai dengan konversi IPK ke dalam skala 4.
*
IPK minimal 2,5 dibuktikan dengan salinan Transkrip Nilai Akhir.
*
Tatacara Pelamaran
*
Setiap pelamar harus melakukan pendaftaran Lamaran secara online melalui situs Departemen Perdagangan dan mengirimkan berkas Lamaran kepada Panitia melalui PO BOX 1034 JKP 10010 yang terdiri dari:
1.
Tanda Peserta Ujian yang dicetak pada kertas ukuran A4 sebanyak 1 (satu) lembar yang sudah ditempel 2 (dua) buah foto berwarna terbaru ukuran 4×6 dan ditandatangani pada tempat yang ditentukan.
2.
Surat Lamaran/ Pernyataan yang dicetak pada 1 (satu) lembar kertas ukuran A4 yang sudah dibubuhi tanda tangan di atas materai teraan Rp. 6000.
3.
Selembar fotokopi Ijazah.
4.
Selembar fotokopi Transkip Nilai.
5.
Selembar fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
*
Seluruh kelengkapan berkas pada poin 1 s/d 5 di atas dimasukkan ke dalam amplop berwarna coklat ukuran A4 yang telah ditempel dengan alamat pengiriman pada bagian kanan-bawah dan nomor pendaftaran/ nama/ kualifikasi pelamar (barcode) pada bagian kiri-atas.

Ketentuan Lainnya

*
Perbandingan jumlah pelamar dengan formasi yang tersedia per jabatan yang dilamar dan lokasi penempatan/ ujian adalah menurut ketentuan sebagai berikut: Jumlah formasi : Jumlah Pembanding : Jumlah Pelamar adalah 1:1:45; 2:1:40; 3:1:35; 4:1:30; 5:1:25; 6 -… :1:20.
*
Pelamar harus mencantumkan alamat e-mail yang benar dan masih berlaku.
*
Pelamar tidak dipungut biaya apapun selama proses Rekrutmen CPNS.
*
Seorang Pelamar hanya diperkenankan melamar dan mengirim 1 (satu) buah Lamaran. Pelamar yang mengabaikan ketentuan ini dinyatakan gugur dan berkas-berkas lamarannya tidak diproses.
*
Setiap Lamaran yang tidak sesuai dengan ketentuan Panitia dinyatakan batal dan tidak akan diproses.
*
Berkas lamaran tidak dikembalikan dan menjadi milik Panitia untuk dimusnahkan.
*
Lamaran yang disampaikan sebelum pengumuman ini diterbitkan, dinyatakan tidak berlaku.
*
Setiap pelamar yang memberikan informasi tidak benar akan dituntut sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
*
Pelamar dilarang berkomunikasi langsung dengan panitia dan atau dengan perantara orang lain.
*
Pelamar yang tidak melakukan registrasi ulang/ melapor pada waktu yang ditentukan setelah dinyatakan lulus dianggap gugur dan mengundurkan diri.
*
Pelamar yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus dan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Departemen Perdagangan akan dituntut sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku tentang tindakan yang merugikan Negara dan atau wajib membayar ganti rugi sebesar Rp 10.000.000.
*
Keputusan Panitia tidak dapat diganggu-gugat.

Tahapan Pelaksanaan Rekrutmen

*
Pengumuman Rekrutmen CPNS (4 September 2009).
*
Pendaftaran Lamaran online (8 – 12 September 2009), pukul 00.00-24.00 WIB.
*
Pengiriman berkas Lamaran (8 – 14 September 2009).
*
Pengumuman peserta ujian tertulis pada situs Departemen Perdagangan RI
o
Tahap I, 10 September 2009
o
Tahap II, 11 September 2009
o
Tahap III, 17 September
o
Tahap IV, 25 September 2009
*
Pengambilan Tanda Peserta Ujian tanggal 12 September 2009, pukul 08.00 – 16.00 WIB khusus untuk pelamar pada penempatan dan lokasi ujian Jakarta di gedung Departemen Perdagangan RI, JL. M.I. Ridwan Rais No.5. atau Tanggal 26 dan 27 September 2009, pukul 08.00 – 16.00 waktu setempat untuk lokasi ujian dan penempatan:
o
Jakarta: Gedung Departemen Perdagangan RI, JL. M.I. Ridwan Rais No.5 Jakarta Pusat
o
Bandung: Balai Diklat Metrologi Jl. Daeng Muhammad Ardiwinata km 3,4, Cihanjuang, Cimahi, Jawa Barat.
o
Medan: Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Sunggal No.70 Medan
o
Yogyakarta: Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Letjen Suprapto No. 64 Ngampilan, Yogyakarta
o
Banjarmasin: Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Dharma Praja No. 15 Banjarmasin
o
Makassar: Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Landak Baru No. 27 Makassar
*
Syarat pengambilan kartu ujian adalah menunjukkan bukti pendaftaran lamaran online (barcode) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
*
Bagi peserta yang berhalangan mengambil kartu ujian dapat diwakilkan kepada orang lain dengan menunjukkan bukti pendaftaran lamaran online (barcode), fotokopi KTP peserta dan fotokopi KTP yang mewakilkan.
*
Pelaksanaan Ujian Tertulis (30 September 2009), pukul 08.00 – selesai (waktu setempat) pada lokasi ujian:
o
Jakarta: Gedung Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Senayan – Jakarta
o
Bandung: Balai Diklat Metrologi Jl. Daeng Muhammad Ardiwinata km 3,4, Cihanjuang, Cimahi, Jawa Barat.
o
Medan: (diberitahukan pada saat pengambilan kartu ujian).
o
Yogyakarta: (diberitahukan pada saat pengambilan kartu ujian).
o
Banjarmasin: (diberitahukan pada saat pengambilan kartu ujian).
o
Makassar: (diberitahukan pada saat pengambilan kartu ujian).
*
Pada saat pelaksanaan ujian tertulis, peserta wajib membawa Tanda Peserta Ujian, KTP dan kelengkapan ujian seperti pensil 2B, karet penghapus, ballpoint dan alas tulis.
*
Pengumuman peserta Psikotes dan Wawancara pada situs Depdag RI (8 Oktober 2009).
*
Pelaksanaan Psikotes dan Wawancara (13 dan 14 Oktober 2009 pukul 08.00 s/d selesai, waktu setempat).
*
Lokasi Jakarta di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan, Jl. Abdul Wahab, Sawangan-Depok. Untuk daerah Bandung, Medan, Yogyakarta, Banjarmasin, dan Makassar dilaksanakan di tempat pengambilan Tanda Peserta Ujian.
*
Peserta wajib membawa Tanda Peserta Ujian, KTP serta kelengkapan ujian seperti pensil 2B, karet penghapus, ballpoint dan alas tulis.
*
Pengumuman kelulusan sebagai CPNS pada situs Depdag RI (26 Oktober 2009).
*
Registrasi Ulang dan Pemberkasan/ proses administrasi pengangkatan CPNS (27 Oktober – 6 November 2009).
*
Pada saat pemberkasan/ proses administrasi pengangkatan, para Pelamar yang dinyatakan lulus diwajibkan membawa Ijazah asli, Transkrip nilai asli dan Tanda Peserta Ujian serta kelengkapan dokumen berikut:
o
Daftar Riwayat Hidup yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditempel pasfoto berwarna sesuai dengan format dalam Keputusan Kepala BKN No. 11 tahun 2002 dalam 2 (dua) rangkap.
o
Surat Pernyataan sesuai dengan format dalam Keputusan Kepala BKN No. 11 tahun 2002 yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000 dan salinannya tanpa materai.
o
Surat Lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam, dan ditandangani di atas materai Rp. 6000 dan salinannya tanpa materai.
o
Dua (2) lembar salinan/ fotokopi Ijazah yang telah dilegalisasi pejabat yang berwenang yaitu Rektor/ Pembantu Rektor/ Dekan/ Pembantu Dekan/ Direktur/ Ketua Ketua atau pejabat setingkat dalam lembaga akademik yang bersangkutan.
o
Dua (2) lembar salinan/ fotokopi Transkrip yang telah dilegalisasi pejabat yang berwenang yaitu Rektor/ Pembantu Rektor/ Dekan/ Pembantu Dekan/ Direktur atau pejabat setingkat dalam lembaga akademik yang bersangkutan.
o
Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter pemerintah dan salinannya.
o
Surat Keterangan Bebas Narkoba dari dokter pemerintah dan salinannya.
o
Surat Keterangan Catatan Kepolisian dan salinannya.
o
Kartu pencari kerja (kartu kuning) dan salinannya.
o
Pasfoto terbaru dan berwarna, ukuran 3×4 sebanyak 6 lembar.
o
Surat keterangan dan bukti tentang pengalaman kerja bagi yang telah mempunyai pengalaman kerja dan salinannya.
*
Waktu penyerahan berkas adalah pukul 08.00 s/d 16.00 waktu setempat dengan tempat penyerahan berkas berdasarkan penempatan dan sebagai berikut:
o
Jakarta: Gedung Departemen Perdagangan RI, JL. M.I. Ridwan Rais No.5 Jakarta Pusat.
o
Bandung: Balai Diklat Metrologi Jl. Daeng Muhammad Ardiwinata km 3,4, Cihanjuang, Cimahi, Jawa Barat.
o
Medan: Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Sunggal No.70 Medan.
o
Yogyakarta: Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Letjen Suprapto No. 64, Ngampilan, Yogyakarta.
o
Banjarmasin: Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Dharma Praja No. 15 Banjarmasin.
o
Makassar: Balai Standardisasi dan Metrologi Legal; Jl. Landak Baru No. 27 Makassar.
*
Para Pelamar yang dinyatakan lulus sebagai CPNS namun tidak melapor tanpa pemberitahuan tertulis kepada Panitia 5 (lima) hari sejak diumumkan, dinyatakan mengundurkan diri.
*
Proses penetapan Nomor Induk Pegawai Calon Pegawai Negeri Sipil (1 Desember 2009).




Read More..

Penerimaan Lowongan CPNS Departemen Dalam Negeri (Depdagri) tahun 2009-2010

Posted by kpmmjogja.com 0 comments


Dalam rangka mengisi formasi pegawai Departemen Dalam Negeri R.I. Tahun Anggaran 2009, Departemen Dalam Negeri memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang berijazah Pasca Sarjana (S.2), Sarjana (S.1) dan Sarjana Muda (D.3) untuk diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Departemen Dalam Negeri, persyaratan sebagai berikut :



I. Persyaratan Umum Pelamar

a. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
b. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian
c. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
d. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain
e. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditentukan oleh Pemerintah (Khusus penempatan kedokteran pada Diklat Regional Makasar, Bukittinggi, Jogjakarta dan IPDN Jatinangor)
f. Sehat jasmani dan rohani

II. Persyaratan Khusus

Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (minimal B) atau Perguruan Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Departemen Pendidikan Nasional dan, dengan persyaratan :
1. Mempunyai Indek Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurang bagi lulusan :
a. Magister (S.2) minimal 3,20 (tiga koma dua puluh).
b. Sarjana (S.1) minimal 3,00 (tiga koma nol nol).
c. Diploma 3 (D.3) minimal 3,00 (tiga koma nol nol).
2. Berusia Maksimum :
a. 32 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir setelah 30 November 1977) untuk tingkat Magister (S.2).
b. 30 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir setelah 30 November 1979) untuk tingkat Sarjana (S.1).
c. 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir setelah 30 November 1981) untuk tingkat Diploma 3 (D.3).

Tata Cara Pendaftaran

a. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui website Departemen Dalam Negeri www.depdagri.go.id mulai tanggal 13 September 2009 Pukul 08.00 WIB sampai dengan tanggal 17 September 2009 Pukul 24.00 WIB.
b. Bagi Pelamar yang telah melakukan pendaftaran, melengkapi data, dan secara system dinyatakan memenuhi syarat akan memperoleh Nomor Registrasi.
c. Dalam melakukan registrasi untuk pengisian alamat pelamar, harus disesuaikan dengan domisili saat ini dan mudah dihubungi.
d. Pelamar wajib mencetak formulir registrasi pendaftaran secara online (setelah memperoleh Nomor Registrasi), membubuhi pas photo berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm dan menandatanganinya sebagai salah satu syarat pendaftaran ulang dengan cara pengiriman berkas lamaran yang disampaikan kepada Panitia Penerimaan CPNS Departemen Dalam Negeri Tahun Anggaran 2009.
e. Berkas lamaran yang tidak lengkap, atau terdapat perbedaan data antara database pelamar dengan berkas yang disampaikan akan dinyatakan “tidak memenuhi syarat atau gugur”
f. Setiap Pelamar hanya diperkenankan mengirimkan satu berkas lamaran, Registrasi online baru akan diproses setelah Panitia menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui Pos Tercatat mulai tanggal 13 September 2009 s.d 24 September 2009 (CAP POS), ditujukan kepada :
Ketua Panitia Penerimaan CPNS Departemen Dalam Negeri T.A. 2009PO BOX 2592JKP 10025
g. Panitia hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui PO BOX tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian lamaran lainnya.
h. Formulir Registrasi online harus dilengkapi dengan lampiran :
1. Formulir lamaran penerimaan CPNS yang telah dicetak, dibubuhi materai Rp. 6.000,- dan ditandatangani;
2. Satu lembar fotokopi ijazah terakhir (S.2, S.1, dan D.3) berikut transkip nilai yang sudah dilegalisir (cap dan tanda tangan asli) oleh Dekan/Direktur Program atau Ditjen Dikti Depdiknas bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri (Surat Keterangan Kelulusan/ijazah sementara tidak dapat diterima);
3. Fotokopi Akte Kelahiran;
4. Fotokopi KTP yang masih berlaku;
5. Fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Depnakertrans) yang masih berlaku;
6. Daftar Riwayat Hidup (CV) tulis tangan menggunakan huruf CETAK dengan tinta hitam;
7. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
8. Fotokopi surat keterangan sehat dari Rumah Sakit Pemerintah;
9. Pas foto terakhir ukuran 3 X 4 (berwarna) sebanyak 3 lembar: 1 lembar foto ditempel di formulir lamaran yang telah dicetak dan 2 lembar lainnya ditulis nama pelamar di bagian belakang foto dan dimasukkan dalam amplop;
i. Berkas lamaran disusun rapi sesuai dengan urutan lampiran dalam map snelhecter dan dimasukan dalam amplop berwarna coklat. Warna Map bagi pendidikan S.2 (Biru), S.1 (Kuning), D.3 (Merah). Pada sudut kiri atas bagian depan amplop dan map lamaran ditulis Nomor Registrasi hasil pendaftaran online (sesuai contoh amplop);
j. Pemanggilan dan Nomor peserta test penyaringan CPNS T.A. 2009 serta materi test yang diujikan, tempat dan tanggal pelaksanaan akan diberitahukan/dikirimkan melalui “Pos atau Website www.depdagri.go.id”.

KETENTUAN LAIN–LAIN

1. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat
2. Lamaran yang disampaikan sebelum pengumuman ini dibuat dinyatakan tidak berlaku
3. Setiap pelamar yang memberikan informasi tidak benar akan dituntut sesuai ketentuan yang berlaku
4. Pelamar yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus dan diterima sebagai CPNS Departemen Dalam Negeri dapat dituntut sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku tentang tindakan yang merugikan negara
5. Pengumuman dan informasi lain yang berkaitan dengan seleksi CPNS Departemen Dalam Negeri dapat dilihat melalui Website www.depdagri.go.id
6. Panitia tidak melayani komunikasi langsung dengan pelamar yang berkaitan dengan proses rekruitmen/lamaran
7. Berkas lamaran yang diterima Panitia menjadi milik Panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh Pelamar
8. Panitia membuka jalur pelayanan pengaduan/permasalahan tentang penerimaan CPNS tahun 2009 dilingkungan Depdagri bagi para pelamar melalui email Biro Kepegawaian : ” biro_kepegawaian@depdagri.go.id “

Jakarta, 12 September 2009an. SEKRETARIS JENDERALKEPALA BIRO KEPEGAWAIANSELAKUKETUA PANITIA PENYARINGAN CPNSPT.A. 2009
TTD
KISWANTO, SH

Kualifikasi Pendidikan

Kualifikasi Pendidikan sesuai dengan formasi yang tersedia dibawah ini dan telah ditetapkan oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara

KODE
JENJANG PENDIDIKAN
JURUSAN / PROGRAM STUDI
JUMLAH FORMASI

1
S.2/PASCA SARJANA
01
ADMINISTRASI NEGARA
1

02
ADMINISTRASI PUBLIK
2

03
ILMU PEMERINTAHAN
2

04
ILMU KOMUNIKASI
1

05
EKONOMI MANAJEMEN
5

06
EKONOMI AKUNTANSI
3

07
EKONOMI STUDI PEMBANGUNAN
1

08
PSIKOLOGI
1

09
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
1

10
PERENCANAAN PENDIDIKAN
1

11
TEKNIK SIPIL
1

12
ILMU LINGKUNGAN/PENGELOLAAN LINGKUNGAN
1

2
KEDOKTERAN
01
DOKTER UMUM
5

3
S.1/SARJANA
01
EKONOMI AKUNTANSI
21

02
EKONOMI MANAJEMEN/KEUANGAN PERBANKAN
16

03
EKONOMI STUDI PEMBANGUNAN
4

04
PLANOLOGI
5

05
TEKNIK SIPIL
5

06
TEKNIK MESIN
2

07
TEKNIK ARSITEKTUR
3

08
TEKNIK INDUSTRI
4

09
TEKNIK ELEKTRO
3

10
TEKNIK LINGKUNGAN
2

11
TELEKOMUNIKASI
2

12
ADMINISTRASI NEGARA
8

13
KOMUNIKASI
4

14
PUBLISISTIK/JURNALISTIK
2

15
ILMU POLITIK
5

16
ILMU PEMERINTAHAN
9

17
ADMINISTRASI NIAGA
2

18
KRIMINOLOGI
1

19
HUBUNGAN INTERNASIONAL
3

20
ADMINISTRASI PUBLIK
2

21
ILMU HUKUM
26

22
HUKUM PERDATA
2

23
HUKUM INTERNASIONAL
2

24
FILSAFAT
1

25
SASTRA/BAHASA INGGRIS
3

26
MANAJEMEN INFORMATIKA
4

27
TEKNOLOGI INFORMASI
3

28
SISTEM INFORMASI
2

29
TEKNIK INFORMATIKA
2

30
TEKNIK KOMPUTER
2

31
MIPA MATEMATIKA
2

32
KESEHATAN MASYARAKAT
1

33
PERTANIAN/AGROBISNIS
1

34
PERTANIAN/SOSIAL EKONOMI
2

35
PERTANIAN/AGRONOMI
2

36
TEKNIK INDUSTRI PERTANIAN
3

37
PERIKANAN/BUDIDAYA PERAIRAN
2

38
PERKEBUNAN
1

39
PETERNAKAN/TEKNOLOGI HASIL TERNAK
1

40
GEOGRAFI
2

41
STATISTIK
4

42
PSIKOLOGI
10

43
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
4

44
PENDIDIKAN EKONOMI/AKUNTANSI
2

45
MANAJEMEN PENDIDIKAN
1

46
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
2

47
PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
1

48
ANTROPOLOGI
2

49
SOSIOLOGI
1

50
SOSIATRI
1

51
PERHOTELAN
1

4
D.3/SARJANA MUDA
01
EKONOMI AKUNTASI
11

02
PERPAJAKAN
2

03
EKONOMI MANAJEMEN
3

04
MANAJEMEN ADMINISTRASI
1

05
KOMPUTER AKUNTANSI
1

06
KOMPUTER
10

07
TEKNIK KOMPUTER
2

08
SISTEM INFORMATIKA
2

09
MANAJEMEN INFORMATIKA
6

10
TEKNIK INFORMATIKA
3

11
ADMINISTRASI
3

12
SEKRETARIS
3

13
TEKNIK LISTRIK
3

14
TEKNIK ELEKTRO
2

15
PENGELOLA HASIL HUTAN
1

16
KEPERAWATAN
2

17
PERHOTELAN
1



Read More..

PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DEPARTEMEN PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA TINGKAT SARJANA (D.IV, S1, S2) FORMASI TAHUN ANGGARAN 2009-2010

Posted by kpmmjogja.com 0 comments
Departemen Perhubungan Republik Indonesia memberi kesempatan bagi Warga Negara Indonesia pria dan wanita yang memiliki kualifikasi pendidikan D.IV, S1, dan S2 atau yang disetarakan untuk mengikuti Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Departemen Perhubungan Tingkat Sarjana (D.IV, S1, S2) Formasi Tahun Anggaran 2009.



I. PERSYARATAN UMUM

1.
Warga Negara Indonesia;
2.
Berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 01 Desember 2009;
3.
Berijazah D.IV, S1, S2 atau yang disetarakan, baik dari lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), apabila berstatus diakui maupun terdaftar harus berijazah ujian negara / terakreditasi;
4.
Diutamakan yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat / TOEFL dan dapat mengoperasikan Program Komputer Ms. Office;
5.
Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan tindak pidana kejahatan;
6.
Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta;
7.
Tidak berkedudukan sebagai Calon / Pegawai Negeri / TNI / POLRI;
8.
Berkelakuan Baik;
9.
Sehat Jasmani dan Rohani;
10.
Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

II. PERSYARATAN KHUSUS

1.
Formasi D.IV. Nautika + ANT III atau Strata B Nautika diwajibkan memiliki sertifikat ANT II sedangkan untuk formasi D.IV Teknika + ATT III atau Strata B Teknika diwajibkan memiliki sertifikat ATT II;
2.
Formasi Sarjana (D.IV, S1, S2) Hukum Internasional, diwajibkan memiliki sekurang-kurangnya TOEFL 500 yang dikeluarkan oleh lembaga resmi yang berbadan hukum;
3.
Kualifikasi Pendidikan Penerbang, D-IV Nautika + ANT I, D-IV Teknika + ATT I dan S-2 Transportasi usia dapat lebih dari 35 tahun dan paling tinggi 40 tahun pada tanggal 01 Desember 2009, dan memiliki pengalaman kerja pada instansi atau lembaga swasta yang berbadan hukum paling kurang 12 tahun pada tanggal 17 April 2009 dan masih melaksanakan tugas pada instansi/lembaga swasta tersebut;
4.
Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,5 (dua koma lima) untuk Perguruan Tinggi Negeri dan sekurang-kurangnya 2,75 (dua koma tujuh puluh lima) untuk Perguruan Tinggi Swasta

Catatan : Panitia akan memberlakukan sistem ranking berdasarkan nilai IPK tertinggi dan kompetensi lainnya sesuai dengan kebutuhan jabatan untuk menentukan jumlah peserta ujian apabila jumlah pelamar yang memenuhi persyaratan melebihi jumlah peserta ujian yang ditentukan dengan ratio pelamar 1:15
5.
Khusus Persyaratan Calon Dosen:

a. Diutamakan memiliki sekurang-kurangnya TOEFL 400 yang dikeluarkan oleh lembaga resmi yang berbadan hukum;

b. Bagi Pelaut memiliki pengalaman berlayar minimal 2 (dua) tahun.

III. KETENTUAN PENDAFTARAN

1.
Pendaftaran hanya dilayani secara ONLINE melalui www.dephub.go.id, dimulai sejak tanggal 10 s.d. 24 September 2009, dan mencetak Bukti Registrasi Pendaftaran ONLINE;
2.
Berkas Administrasi Lamaran dikirimkan melalui PO BOX yang telah ditetapkan beserta Bukti Registrasi Pendaftaran ONLINE selambat-lambatnya diterima tanggal 28 September 2009 (Cap Pos);
3.
Berkas Administrasi Lamaran terdiri dari:

a. Surat Lamaran ditulis tangan oleh yang bersangkutan dengan tinta hitam yang ditujukan kepada:

MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA

Up. Tim Pengadaan CPNS Tingkat Sarjana

Departemen Perhubungan Formasi Tahun Anggaran 2009

b. Foto Copy Ijazah dan Transkip Nilai atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;

c. Foto Copy Sertifikat TOEFL bagi Kualifikasi Hukum Internasional;

d. Surat Keterangan Pengalaman Kerja bagi Kualifikasi Pendidikan Penerbang, D-IV Nautika+ANT I, D-IV Teknika+ATT I dan S-2 Transportasi usia lebih dari 35 tahun dan paling tinggi 40 tahun;

e. Print out Bukti Registrasi Pendaftaran ONLINE.
4.
Bukti Pendaftaran ONLINE beserta Berkas Administrasi Lamaran dikirimkan ke:

PO BOX 4473 JKP 10044, untuk pilihan lokasi seleksi (Tes) di Jakarta

PO BOX 8050/SMEL PIP SEMARANG, untuk pilihan lokasi seleksi (Tes) di Semarang

PO BOX 4106/SBS 60400, untuk pilihan lokasi seleksi (Tes) di Surabaya

PO BOX 1090 MEDAN 20130, untuk pilihan lokasi seleksi (Tes) di Medan

PO BOX 3000 MAKASSAR 90000, untuk pilihan lokasi seleksi (Tes) di Makassar

PO BOX 3074 DENPASAR BALI, untuk pilihan lokasi seleksi (Tes) di Denpasar

PO BOX 5555 PALEMBANG 30155, untuk pilihan lokasi seleksi (Tes) di Palembang
5.
Setiap pelamar hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) berkas lamaran dan untuk 1 (satu) jabatan formasi yang tersedia;
6.
Pada Amplop Berkas Administrasi Lamaran dicantumkan Kode Lamaran yang ditulis pada Bagian Kanan Atas Amplop dan Stop Map;
7.
Kode Lamaran dapat dilihat pada point VII di bawah ini (Daftar Rincian Jabatan, Kualifikasi Pendidikan, Jumlah Formasi, Penempatan dan Kode Lamaran);
8.
Data dan Berkas Administrasi Lamaran yang tidak lengkap dan tidak sesuai serta tidak melampirkan Bukti Registrasi Pendaftaran ONLINE dinyatakan gugur.

IV. TAHAPAN DAN PELAKSANAAN SELEKSI

1.
Seleksi dilaksanakan dengan sistem gugur melalui tahapan sebagai berikut:

a. Hasil seleksi Administrasi direncanakan diumumkan pada tanggal 09 Oktober 2009;

b. Pelamar yang lulus Seleksi Administrasi diberikan Tanda Peserta Seleksi yang direncanakan dibagikan pada tanggal 13 s.d. 16 Oktober 2009.

Tempat pengambilan Tanda Peserta Seleksi diumumkan melalui www.dephub.go.id.

Catatan : Pada saat pengambilan Tanda Peserta Seleksi, tidak dapat diwakilkan serta diwajibkan membawa identitas diri dan pas foto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar dengan mencantumkan nama dan kode lamaran di balik pas foto.

c. Seleksi Tertulis, berupa TES KOMPETENSI DASAR (TKD), yang meliputi Tes Pengetahuan Umum (TPU), Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Tes Skala Kematangan (TSK) serta TES KOMPETENSI BIDANG (TKB), berupa Tes Substansi (TS) Perhubungan direncanakan pada tanggal 21 Oktober 2009;

d. Seleksi Keahlian dan Keterampilan, bagi peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Tertulis Tingkat Sarjana (D.IV, S1, S2) direncanakan pada tanggal 03-07 November 2009.
2.
Nama Peserta Yang Lulus Tiap Tahapan Seleksi akan diumumkan melalui WEBSITE DEPARTEMEN PERHUBUNGAN dengan alamat www.dephub.go.id dan papan pengumuman yang ditunjuk pada kota/lokasi:
*
Jakarta

Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP)

Jl. Danau Sunter Utara Blok – G, Sunter Podomoro Jakarta 14350
*
Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

Jl. Singosari 2.A, Semarang
*
Surabaya

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya

Jl. Jemur Andayani I No 73 Wonocolo. Surabaya –Jawa Timur
*
Medan

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP)

Jl. Penerbangan No. 85, Jamin Ginting KM. 8,5 Padang Bulan, Medan
*
Makassar

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar

Jl. Tentara Pelajar No. 173, Makassar
*
Denpasar

Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD)

Jl. Batuyang No. 109 X , Batu Bulan Sokowati, Gianyar – Bali
*
Palembang

Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Palembang

Jl. Adi Sucipto Talang Betutu Palembang 30155 Sumatera Selatan

V. KEWAJIBAN PENYAMPAIAN KELENGKAPAN ADMINISTRASI BAGI PELAMAR YANG DINYATAKAN LULUS DAN DITERIMA SEBAGAI CPNS DEPARTEMEN PERHUBUNGAN

Pelamar wajib menyerahkan kelengkapan administrasi berupa:

1.
Surat lamaran yang ditulis tangan dengan huruf balok oleh yang bersangkutan dengan tinta hitam serta mencantumkan kode lamaran;
2.
Salinan / Foto Copy Ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang dan Transkrip Nilai (Surat Keterangan Lulus Sementara tidak berlaku);
3.
Fotokopi Surat Keterangan Pengalaman Kerja bagi yang telah memiliki pengalaman kerja;
4.
Daftar Riwayat Hidup;
5.
Pas Foto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 10 (sepuluh) lembar dengan mencantumkan nama dan kode lamaran dibalik pas foto;
6.
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
7.
Surat Keterangan Sehat dari dokter yang dilengkapi hasil check-up lengkap kesehatan;
8.
Surat Keterangan Bebas Narkoba;
9.
Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning) yang dikeluarkan oleh Instansi yang bertanggungjawab di bidang Ketenagakerjaan;
10.
Surat Pernyataan Bersedia Tidak Pindah ke Unit Kerja / Instansi Lain, minimal 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal pengangkatan sebagai CPNS ditulis tangan dengan huruf balok dan tinta hitam serta dibubuhi materai Rp. 6.000,00.

VI. KETENTUAN LAIN-LAIN

1.
Berkas lamaran yang diproses hanya yang dikirim melalui PO BOX yang telah ditentukan;
2.
Pelamar tidak dipungut biaya apapun;
3.
Setiap perkembangan informasi Seleksi Pengadaan CPNS Departemen Perhubungan Tingkat Sarjana (D.IV, S1, S2) Tahun Anggaran 2009 akan disampaikan melalui www.dephub.go.id. Kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab pelamar;
4.
Bagi peserta seleksi yang telah dinyatakan lulus akhir, wajib mendaftar ulang dan melengkapi berkas administrasi untuk pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak diumumkan. Kelalaian dalam memenuhi ketentuan batas waktu dianggap mengundurkan diri dan akan digantikan oleh peserta pada ranking nilai di bawahnya;
5.
Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggugugat.

=============

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Departemen Perhubungan dibagi menjadi

1.
Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tingkat Sarjana (D.IV, S1, S2)
2.
Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tingkat D-III, D-II, dan D-I Gabungan Unit Kerja Eselon I
3.
Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tingkat D-III, D-II, dan SLTA Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
4.
Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tingkat D-III, D-II, SLTA, dan SLTP Direktorat Jenderal Perhubungan Laut

Masing-masing syarat dan ketentuan dapat dilihat atau di download pada link berikut

1.
Pengumuman Tingkat Sarjana (D.IV, S1, S2)
2.
Pengumuman Tingkat D-III, D-II dan D-I Gabungan Unit Kerja Eselon I
3.
Pengumuman Tingkat D-III, D-II, D-I, SLTA dan SLTP Direkorat Jenderal Perhubungan Laut

Khusus untuk Penerimaan CPNS Tingkat D-III, D-II, dan SLTA Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dibagi menjadi 14 lokasi masing-masing syarat dan ketentuan dapat dilihat atau di didownload pada link berikut

1.
Lokasi Medan
2.
Lokasi Bengkulu
3.
Lokasi Jakarta
4.
Lokasi Surabaya
5.
Lokasi Palangkaraya
6.
Lokasi Makasar
7.
Lokasi Kendari
8.
Lokasi Bima
9.
Lokasi Tarakan
10.
Lokasi Gorontalo
11.
Lokasi Sentani
12.
Lokasi Ternate
13.
Lokasi Rendani
14.
Lokasi Merauke

Khusus untuk Tingkat Sarjana (D.IV, S1, S2), pendaftaran dilakukan secara online. Form pengisian data CPNS dapat dilakukan di alamat ini: www.dephub.go.id/cpns Untuk hasil yang lebih baik, diutamakan menggunakan Internet Explorer, atau mozilla firefox versi 3

Untuk pendaftar D-III Ke Bawah, dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan pendaftaran yang sesuai dengan pengumuman masing-masing.



Read More..

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) BADAN SAR NASIONAL FORMASI TAHUN ANGGARAN 2009-2010

Posted by kpmmjogja.com 0 comments

Badan SAR Nasional memberi kesempatan bagi Warga Negara Indonesia pria dan wanita yang memiliki kualifikasi pendidikan S-2/ S-1, D-III, dan SMK/SMU untuk mengikuti Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan SAR Nasional Formasi Tahun Anggaran 2009.



I. PERSYARATAN UMUM

1. Warga Negara Indonesia.
2. Berijazah S-2/ S-1, dan D-III baik dari lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), dan apabila berstatus diakui maupun terdaftar harus berijazah ujian negara / terakreditasi.
3. Berijazah SMK/SMU Negeri atau Swasta yang berstatus diakui.
4. Bagi yang berijazah S-2/ S-1, dan D-III diutamakan yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat / TOEFL dan dapat mengoperasikan Program Komputer Ms. Office.
5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan.
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta.
7. Tidak berkedudukan sebagai Calon / Pegawai Negeri / TNI / POLRI.
8. Berkelakuan Baik.
9. Sehat Jasmani dan Rohani.
10. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

II. PERSYARATAN KHUSUS

1. Pada tanggal 1 Desember 2009 berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas tahun) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun, dan khusus untuk pelamar sebagai Rescuer diutamakan berusia 25 (dua puluh lima) tahun.
2. Bagi pelamar sebagai Rescuer, memiliki tinggi badan minimal 163 cm (untuk pelamar Laki-laki) atau 155 cm (untuk pelamar Perempuan), serta memiliki berat badan proporsional.
3. Bagi yang berijazah S-2/S-1 dan D-III, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,75 (dua koma tujuh puluh lima), dan bagi SMK/SMU memiliki Nilai Ijasah sekurang-kurangnya rata-rata 6 (enam).
Catatan :
Panitia akan memberlakukan sistem ranking berdasarkan nilai IPK dan Nilai Ijazah tertinggi dan kompetensi lainnya sesuai dengan kebutuhan jabatan untuk menentukan jumlah peserta ujian apabila jumlah pelamar yang memenuhi persyaratan melebihi jumlah peserta ujian yang ditentukan.




Read More..

Lowongan CPNS Badan Kepegawaian Negara 2009-2010

Posted by kpmmjogja.com 0 comments


Dalam rangka mengisi lowongan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2009, sebagaimana telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 241 Tahun 2009, tanggal 31 Agustus 2009, maka Badan Kepegawaian Negara membuka kesempatan bagi Warga Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Badan Kepegawaian Negara, dengan ketentuan sebagai berikut :


I. FORMASI JABATAN YANG LOWONG :
Dapat dilihat di :

1. Kantor Regional I BKN di Yogyakarta.
2. Kantor Regional II BKN di Surabaya.
3. Kantor Regional III BKN di Bandung.
4. Kantor Regional IV BKN di Makassar.
5. Kantor Regional V BKN di Jakarta.
6. Kantor Regional VI BKN di Medan.
7. Kantor Regional VII BKN di Palembang.
8. Kantor Regional IX BKN di Jayapura.
9. Kantor Regional X BKN di Denpasar.
10. Kantor Regional XI BKN di Manado.
11. Kantor Regional XII BKN di Pekanbaru.

II. Persyaratan Umum Pelamar :

1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD
1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki
kekuatan hukum tetap.
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai
PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil dan tidak sedang terikat
perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
5. Memenuhi persyaratan kualifikasi (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan kebutuhan.
6. Sehat jasmani dan rohani.
7. Bersedia untuk tidak mengajukan permohonan pindah selama 5 (lima) tahun dan ditempatkan di seluruh wilayah
Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah.
8. Melengkapi persyaratan lamaran berikut lampiran yang telah ditentukan;

III. Persyaratan Khusus Pelamar :
1. Setiap Pelamar menyampaikan lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditanda-tangani sendiri oleh
pelamar dan bermaterai Rp. 6.000,- dan ditujukan kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara dengan
melampirkan :
a. Foto copy Sah Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah terakhir yang telah dilegalisir;
b. Foto copy Sah Transkrip Nilai Akademik yang telah dilegalisir;
c. Kartu Kuning (Keterangan Pencari Kerja) dari Depnaker/Disnaker;
d. Pas photo ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar;
e. Sertifikat TOEFL dengan skor minimal 400 yang dikeluarkan dari Lembaga Pendidikan yang terakreditasi.
2. Bagi pelamar berpendidikan S.1 dan S.2 Indek Prestasi Kumulatif (IPK) minimal : 2,75
3. Bagi pelamar berpendidikan Diploma III, Indek Prestasi Kumulatif (IPK) minimal : 2,6
4. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun per 1
Desember 2009(*) dan atau 40 (empat puluh) tahun per 1 Desember 2009(*), bagi yang bekerja pada instansi

pemerintah atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan Nasional paling kurang 12
tahun pada 17 April 2009.
5. Berkas lamaran dimasukkan dalam stopmap dengan mencantumkan nama jabatan yang dilamar dan kode jabatan
serta lokasi yang dilamar, lamaran langsung diserahkan kepada Sekretariat Tim Pengadaan CPNS BKN

IV. Tempat dan Waktu Pendaftaran
1. Penerimaan Lamaran BKN Pusat bertempat pada Sekretariat Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil
Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jalan Letjen Sutoyo No. 12 Cililitan, Jakarta Timur.
2.Waktu Pendaftaran bagi Penerimaan Lamaran BKN Pusat dan Kantor Regional I, II, III, IV, V, VI, VII, IX, X, XI
dan XII pada tanggal 15 -30 September 2009 mulai pukul 09.00 s/d 15.00 WIB, pada hari kerja.

V. Pengumuman Seleksi Administrasi
1.Pengumuman Seleksi Administrasi, Bagi Pelamar yang memenuhi syarat akan diumumkan melalui Internet
(website BKN) www.bkn.go.id dan pada papan pengumuman yang ditempatkan di Loby Lantai Dasar Gedung Blok
II, BKN Jalan Letjen Sutoyo No, 12, Cililitan, Jakarta Timur pada tanggal 7 Oktober 2009
2. Pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat Administrasi, dapat langsung mengambil Kartu Tanda Peserta Ujian, tanggal 7 dan 8 Oktober 2009, dengan menunjukkan tanda terima penyerahan berkas lamaran;
3. Bagi pelamar yang tidak memenuhi syarat administrasi berkas lamaran tidak dikembalikan dan menjadi hak milik
Badan Kepegawaian Negara.

VI. Pelaksanaan Ujian.
1. Ujian tahap pertama akan dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 20 Oktober 2009 dengan sistem Computer Assisted
Test (CAT) dan hasil ujian ini akan diumumkan pada tanggal 22 Oktober 2009
2. Bagi yang lolos ujian tahap pertama akan mengikuti ujian tahap kedua pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2009
dilanjutkan dengan Wawancara pada Tanggal 28-29 Oktober 2009
3. Hasil Ujian Tahap kedua diumumkan pada tanggal 16 Nopember 2009 dilanjutkan dengan pemberkasan mulai
tanggal 17 s/d 20 Nopember 2009.

VII. Materi Ujian
1. Ujian tahap pertama berupa Computer Assisted Test (CAT) / Tes Kemampuan Dasar (TKD) meliputi :
a. Tes Pengetahuan Umum (TPU);
b. Tes Bakat Skolastik (TBS);
c. Tes Skala Kematangan (TSK).
2. Ujian Tahap Kedua meliputi :
a. Tes Kompetensi Bidang (TKB);
b. Tes Potensi;
c. Wawancara/ interview.

VIII. Lain-lain
a. Pelamar atau peserta Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, tidak dipungut biaya apapun;
b. Keputusan Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Negara Tahun Anggaran 2009, bersifat MUTLAK

dan tidak dapat diganggu gugat.



Read More..