17 Des 2009

KEUNIKAN PERNIKAHAN BUGIS

Mungkin, banyak yang belum tahu kalau pesta pernikahan di tanah Bugis memakan biaya yang besaaar. Hal ini berbanding terbalik dengan prosesi pernikahan di Daerah Jawa. Maka jangan heran, di daerah Bugis banyak yang enggan menikah sebelum mapan, sebelum punya pekerjaan dan penghasilan sendiri. Tapi, jangan heran juga, kalau di Jawa biaya untuk pernikahan cukup dengan modal seperangkat alat sholat dan Al Qur'an, tentunya dengan TUNAI.


Sisi lain yang tampak dari pernikahan di daerah Bugis terbilang unik dan layak untuk diketahui, apalagi bagi kita yang asalnya dari sana. Untuk mengetahui lebih dalam, ada sebuah buku yang mengupas sisi yang terkandung di dalam pernikahan itu, berikut ulasannya:
Buku ini merupakan satu-satunya penelitian serius, mendalam, dan menyeluruh tentang pesta pernikahan Bugis. Kita dibawa menggeledah beragam makna di balik pesta megah, ritus-ritus yang mengiringi ritual panjang pernikahan, serta segala perilaku dan bentuk negosiasi antar-aktor dalam prosesi tersebut. Tak lupa, menelisik aspek-aspek sosial-politik yang tersurat di baliknya.

Di sini kita tidak hanya mendapatkan abstraksi yang berlangsung di dalam pernikahan Bugis. Tapi juga dibentangkan lukisan rinci tentang ruang, adegan, hingga percakapan. Buku ini mendedah tata ruang aula pesta, ritual, hingag teks undangan pernikahan Bugis yang penuh dengan simbol-simbol politis yang berjalin di alam pikiran orang Bugis.

Penulisnya, Susan B. Millar, berhasil mengangkat ke permukaan makna-makna yang melekat dalam pernik pernikahan yang sering dilewatkan begitu saja… Referensi download di sini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: