20 Nov 2009

Unhas Salurkan 29 Jenis Beasiswa

MAKASSAR[Republika]--Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menyalurkan 29 jenis beasiswa dari donatur dengan total dana Rp14 miliar periode 2009. "Ke-29 jenis beasiswa itu bersumber dari yayasan atau lembaga yang bergerak di bidang pendidikan, sosial dan sejumlah perusahaan, termasuk perusahaan rokok," kata Pembantu Rektor III Unhas Nazaruddin Salam di Makassar, Rabu (21/10).

Dia mengatakan, dari total nilai beasiswa tersebut sudah sekitar Rp10 miliar yang disalurkan, sementara sisanya sebanyak Rp4 miliar akan disalurkan sebelum akhir tahun.
Sementara dari jumlah dana yang disalurkan itu, lanjutnya, sudah mampu menutupi kebutuhan biaya pendidikan 8.000 mahasiswa atau sekitar 30 persen dari total mahasiswa di Unhas.

Dari puluhan beasiswa tersebut, Nazaruddin mengatakan, ada beberapa kategori misalnya khusus diberikan bagi mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu dari segi ekonomi, selain itu juga ada yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi, seperti menjuarai olimpiade sains. "Yang jelas, salah satu syarat utama dari pemberi beasiswa, rata-rata menetapkan IPK minimal 2,5 bagi setiap calon penerima mahasiswa," katanya.

Selain itu, dalam perkembangan hasil ujian semester, penerima beasiswa akan dipantau perkembangan prestasi belajarnya. Hanya yang mampu mempertahankan prestasi akan mendapatkan beasiswa secara kontinyu. "Hal itu berlaku bagi penerima beasiswa untuk program sarjana strata satu, magister dan doktor," ujarnya. ant/taq



1 komentar:

  1. Yup, memang benar!! Thanks banget dah share ilmu yang bermanfaat.

    BalasHapus

Silahkan Isi Komentar: