8 Nov 2009

PSM Kalahkan Gasma Enrekang


ENREKANG/fajar -- Menggunakan formasi anyar 3-5-2, PSM sukses menundukkan Gasma Enrekang dengan skor 3-0 dalam laga uji coba di Lapangan Lura, Enrekang, Minggu, 8 November. Namun, belum ada jaminan skema tersebut bisa diandalkan di pentas Indonesia Super League.

Berbagai catatan mewarnai performa Handi Hamzah dkk menggunakan skema baru tersebut. Koordinasi antarlini belum padu. Sektor pertahanan masih sering salah dalam reposisi. Akibatnya, Gasma beberapakali mampu menciptakan peluang.

Lini tengah lebih parah. Ciri khas permainan cepat dan keras sama sekali tak terlihat. Daniel Suarez Baroni yang ditempatkan sebagai playmaker, tak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Dia lebih asyik memainkan sendiri bola daripada berpikir secara tim.

Pelatih PSM, Hanafing mengatakan, lini tengah timnya memang masih perlu banyak pembenahan. "Bola yang seharusnya sudah dialirkan ke depan, justru tertahan. Itu karena pemain tengah terlalu banyak memainkan bola," ujar dia usai pertandingan.

Posisi gelandang sayap kanan yang ditempati Adnan Buyung maupun Hendra Wijaya juga dinilai masih banyak kelemahan. Kedua pemain yang sejatinya seorang bek itu belum mampu memahami peran barunya sebagai gelandang.

Sementara itu, asisten manajer PSW bidang teknik, Abdi Tunggal, mengatakan bahwa para pemain masih terkesan acuh. Usai menguasai dan memberi bola, tidak ada lagi usaha untuk melakukan pergerakan selanjutnya. Membuka ruang, misalnya.

Dalam pertandingan yang disaksikan sekira 1.000-an penonton itu, Hanafing menurunkan semua pemain yang dibawa. Gol-gol kemenangan PSM diciptakan Diva Tarkas, Rahmat, dan Christian Carrasco. (zul)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: