23 Nov 2009

Pemilihan Rektor ITB Akan Digelar Malam Ini

republika,kpmmjogja--Tiga orang gurubesar akan bersaing memperebutkan 'kursi' Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) periode 2010-2014 yang akan digelar di Departemen Pendidikan Nasional (Dekdiknas) Jakarta, Senin (23/11) malam nanti.

Ketiga orang teknokrat itu adalah Wakil Rektor ITB Bidang Akademik ITB Prof Dr Adang Surachman MSc, Dekan Fakultas MIPA ITB Prof Dr Akhmaloka Dipl.Biotech PhD dan Prof Dr Indra Djati Sidi PhD (dosen Fakultas Teknik Sipil ITB).

Pemilihan Rektor ITB yang akan menggantikan Prof Dr Joko Santoso itu akan dipilih oleh Majelis Wali Amanat (WMA) ITB yang beranggotakan Menteri Pendidikan Nasional, Gubernur Jabar, Wakil Senat dan Akademik, Majelis Guru Besar, Ketua Ikatan Alumni IB seta representasi dari masyarakat.

"Sebelum dilakukan pemilihan Senin malam nanti, ketiga kandidat diberi waktu untuk presentasi masing-masing selama 10 menit," kata Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor ITB periode 2010-2014 Prof Dr Djoko Suharto dalam siaran persnya, Senin.

Proses pemilihan Rektor ITB akan dilakukan dalam Rapat Pleno yang diselenggarakan oleh Mejelis Wali Amanat (WMA) ITB yang dipimpin oleh ketuanya Yani Panigoro.

Djoko Suharto menyebutkan, mekanisme pemilihan rektor baru dimungkinkan dengan musyawarah untuk mufakat. Namun bila tidak tercapai mufakat, maka akan dilakukan melalui pemungutan suara atau voting. Dalam voting itu, Mendiknas M Nuh, memiliki 35 persen suara, sedangkan 65 persen sisanya dibagi untuk anggota MWA ITB yang terdiri dari 20 orang termasuk Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan.

Ketiga kandidat Rektor ITB itu mengerucut dari seleksi awal yang diikuti 29 bakal calon, kemudian melalui tahapan klarifikasi, verifikasi dan diskusi panel yang digelar secara marathon sejak Juli hingga Oktober 2009 lalu. "Para bakal calon rektor itu diwajibkan berinteraksi dengan masyarakat ITB," kata Djoko.

Sementara itu Rektor ITB periode 2005-2010, Prof Dr Djoko Santoso, tidak mencalonkan lagi untuk periode kedua kepemimpinannya di "Kampus Ganeca" itu.

Rektor terpilih, kata Djoko Suharto seusai pemilihan akan langsung bergabung dalam acara Malam Silaturahmi Keluarga Besar ITB di Griya Jenggala, Jakarta. ant/taq




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: