27 Sep 2009

Terungkap, Komputer Rahasia Microsoft

JAKARTA (Arrahmah.com) - Detail super komputer sangat rahasia muncul di internet, lengkap dengan gambar bahkan video yang menunjukkan cara kerjanya. Komputer tablet itu bukan dikembangkan oleh Apple, tapi datang dari pesaingnya Microsoft.

Komputer itu semestinya sangat dirahasiakan sehingga banyak perusahaan yang tidak mengetahuinya. Perangkat yang diberi nama Courier itu muncul di berita utama situs Gizmodo.com dengan judul "First Details of Microsoft's Secret Tablet” (Detail Pertama Tablet Rahasia Microsoft)."



Tapi Microsoft tidak mengkonfirmasi maupun menyangkal keberadaan perangkat itu. “Kami tidak mengomentari produk yang belum dirilis,” kata jubir Microsoft, Doug Free.

Ia bahkan tidak mengatakan apakah benar Microsoft sedang mengerjakan tablet, tipikal komputer yang menggunakan jari dan atau stylus untuk memasukan informasi langsung di layar. ”Selalu ada produk baru yang sedang dikerjakan,” kata Free.

Banyak yang percaya, tablet yang ditampilkan oleh Gizmodo itu benar. "Jika itu tipuan, mereka harus membuatnya menjadi nyata," kata analis Allan Krans dari Technology Business Research.

"Kelihatannya seperti persilangan antara Kindle, iPhone dan tablet," tambahnya. Courier berbentuk tipis dan cara membuka layarnya yang berukuran tujuh inci seperti notebook.

Video berdurasi dua menit yang ditampilkan Gizmodo dimulai dengan menampilkan desainer furnitur sedang membuka buku alamat di sebelah kiri layar tablet, sementara peta ditampilkan di sisi kanannya. Dengan jarinya (dalam bentuk animasi) ia kemudian mengubah buku alamat menjadi agenda rapat dan peta yang langsung menunjukan lokasinya.

Kemudian ia mengorganisir contoh dan materi lainnya untuk rapat dan dengan stylus ia menulis catatan tentang apa yang ditemukannya. Semuanya dilakukan dengan jari atau stylus tanpa menggunakan keyboard.

Pengenalan tulisan tangan tidak ditampilkan dalam video. Akan tetapi Windows 7, sistem operasi baru Microsoft yang akan dijual bulan depan dilaporkan memiliki fitur pengenalan tulisan tangan.

Beberapa komputer tablet telah dipasarkan beberapa tahun terakhir, tapi tidak ada yang cukup memuaskan pengguna. Krans mengatakan ukuran tablet terlalu besar. "Tidak ada teknologi yang dapat membuat tipis atau portable seperti yang diperlukan," katanya.

Apple juga menyembunyikan rahasia komputer tabletnya. Rumor yang beredar, perangkat tersebut akan debut di bulan Februari. Namun beberapa minggu yang lalu ada rumor yang mengatakan bahwa perangkat tersebut akan diluncurkan bulan ini. (inlh/arrahmah.com)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: