28 Agt 2009

WARGA ASRAMA ENREKANG DALAM BAYANG-BAYANG KERUNTUHAN

Gempa kembali mengejutkan daerah Jogjakarta beberapa hari yang lalu. Di daerah bantul, sebagian warga lari ketakuan dan serempak keluar dari rumah menyelamatkan diri. Gempa ini terjadi pada pagi hari dan membangunkan warga yang masih terlelap. Kekuatan gempa diperkirakan 4.4 Skala richter dan terjadi di kedalaman 10 KM di bawah permukaan laut.


Kisah ini mengingatkan kita pada gempa di Yogyakarta beberapa tahun yang lalu. Gempa bumi yang menewaskan ribuan orang. Namun, satu kesyukuran bagi warga Enrekang karena tidak satupun warganya yang jadi korban.

Namun demikian, dengan terus adanya gempa yang menghatui warga Jogjakarta, bukan tidak mungkin akan mendatangkan korban dari warga Enrekang, khususnya penghuni asrama massenrempulu Yogyakarta. Asrama yang beramalat di Jl. Letjend Suprapto ini kondisinya belum direhabilitasi pasca gempa 2006 lalu. Bayangkan, sudah 3 tahun lebih! Proposal pun silih berganti diajukan.

Kondisi asrama pun makin diperparah dengan adanya gempa yang belakangan ini terjadi, walau intensitasnya relative tidak sedahsyat beberapa tahun lalu. Tahun itu, pemda Enrekang hanya menyalurkan bantuan 200 ribu per anak kepada kurang lebih 30 warga Enrekang yang umunya sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta.

Kondisi terakhir yang bisa kami publish, kondisi saat saya ada di asrama dan menghuni kamar yang ada bagian atas adalah adanya retakan-retakan baru pada dinding. Retakan tersebut panjangnya sekitar 2 meter memanjang horizontal. Dinding ini tidak memiliki tulangan beton sehingga retakan pada sudutnya semakin lebar.

Olehnya itu, kami meminta do’anya, semoga asrama ini tidak jatuh dan menimpah warga yang ada di belakang kami. Karena mungkin, bagi pemda nyawa kami tidaklah berharga. Buktinya, sudah beberapa kali kami mengajukan proposal, namun jauh panggang dari api. Dan kami juga berdo’a, semoga Allah tetap menjaga iman kita, iman yang akan menyelematkan kita dunia wal akhirat. Wassalam. (@gus)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: