8 Agt 2009

Unhas dan Enrekang Gagas Proyek Pengadaan Sapi

MAKASSAR, TRIBUN - Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Pemerintah Kabupaten Enrekang, akan menggagas proyek pengadaan daging sapi dari Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang.

Hajatan bareng itu akan dikemas dengan nama Maiwa Beef. Rencana ini untuk menindaklanjuti tersedianya ranch sapi Unhas yang sudah ada sejak tahun 1988 melalui Bantuan Presiden.

Rencana ini terungkap dalam kunjungan Rektor Unhas, Prof Dr dr Idrus A. Paturusi dan rombongan meninjau lokasi Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unhas Gelombang khusus di Kabupaten Enrekang, Sabtu.

Rektor Unhas selama tiga hari mengunjungi mahasiswa KKN di tiga kabupaten, yakni Pinrang, Enrekang, dan Kabupaten Wajo.

Rektor mengatakan, guna mewujudkan rencana ini harus ada perencanaan yang matang dan rapi. Jika program ini terwujud, bukan tidak mungkin akan dapat memasok kebutuhan daging di Sulsel.

Unhas memimpikan ladang ternak dapat menjadi laboratorium peternakan di Sulsel dan pada gilirannya dapat menjadi sumber produksi daging bagi daerah ini.

"Saya harapkan, kiranya laboratorium ini dapat ditangani dengan manajemen yang lebih baik," kata Idrus Paturusi.

Lokasi ranch Unhas ini sejak awal memimpin Unhas sudah digadang-gadang Idrus Paturusi sebagai aset penting yang dapat dikelola dengan mensinergikan aspek teori dan praktik entrepreneurship dalam bidang peternakan.

Selain itu, Rektor Unhas mendambakan para mahasiswa Fakultas Peternakan menjelang penyelesaian studinya akan dapat tinggal di ladang peternakan untuk memperoleh pengalaman praktik sebelum terjun ke tengah masyarakat.

Ladang ternak Unhas tersebut memiliki luas 32,28 ha, merupakan bantuan Presiden tahun 1988, terletak di Kecamatan Maiwa dan oleh Fakultas Peternakan difungsikan sebagai Laboratorium Peternakan.

Kini, ladang ternak tersebut terisi 42 ekor sapi. Menurut Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Enrekang, Yunus Abbas, sapi yang pernah dimiliki Unhas di Maiwa pernah mencapai 100 ekor.

Bupati Enrekang, Ir La Tinro Latunrung menanggapi antusias keinginan Unhas tersebut.
"Kita bisa wujudkan program ini dalam waktu empat tahun mendatang," ujar La Tinro sembari menambahkan, kalau ini berhasil juga ada kenang-kenangan baginya ketika mengakhiri masa jabatan periode keduanya sebagai Bupati Enrekang.

Ladang ternak Unhas tersebut terletak sekitar 5 km dari Kota Rappang di sebelah kiri jalan ke arah ibu kota Kabupaten Enrekang.

Pihak Unhas sudah membangun sebuah rumah panggung yang cukup besar dengan sejumlah kamar sebagai lokasi penginapan para dosen yang akan melaksanakan kegiatan praktik di tempat itu. (*)



1 komentar:

  1. Mudah-mudahan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat sekitar dan masyarakat Enrekang umumnya.

    BalasHapus

Silahkan Isi Komentar: