31 Jul 2009

TERORISME DAN MASA DEPAN UMAT ISLAM

Ok..., sedikit menaggapi selaku mahasiswa lugu dalam sudut pandang santri lugu, sedikit menyadur dari opini kedaulatan rakyat edisi kamis 30 Juli 2009, judul opininya terorisme dan masa depan Islam. "Isu terorisme yang notabene dilakukan oleh orang-orang yang dianggap berlatarbelakang Islam itu bila terus berlanjut akan memperlemah Islam. Bukan tidak mungkin, akan banyak orang yang tidak berani belajar ke pondok pesantren atau memakai simbol Islam."

Ada beberapa hal yang perlu diangkat, yang pertama masalah pencitraan, umat Islam belakangan ini memang diserang dari isu tersebut. Mungkin sang penyerang tahu, bahwa masalah pencitraan sangat mempengaruhi pola pikir masyarakat. Sebagai contoh, kita dulunya tidak mengenal yang namanya sabun, shampoo, dan bahan kebutuhan lain yang diolah dengan teknologi dan kemudian dicampur dengan bahan kimia berbahaya. Tapi, sekarang seakan bahan-bahan tersebut tidak terlepaskan dari kebutuhan kita. Contoh lain, Handphone yang dulunya hanya kalangan elite yang menggunakannya, tapi sekarang hampir semua lapisan masyarakat menganggapnya sebagai suatu kebutuhan. Di sinilah peran pencitraan dalam mempengaruhi pola pikir masyarakat.

Yang kedua, masalah terorisme yang diidentik dengan bom bunuh diri, bukan berasal dari budaya Indonesia, melainkan cara-cara yang diimpor dari luar. Namun hal ini tidak mengejutkan. Bila kita menengok ke belakang mengenai sejarah lahirnya budaya dan agama di Indonesia. Semuanya diimpor dari luar. Agama Islam yang diimpor dari luar, sejak kedatangannya ke Indonesia tidak pernah melakukan yang namanya teror. Para penyebar agama Islam menyebarkan agama dengan pendekatan akhlak terpuji bukan dengan penyerangan atau teror yang marak sebelum kedatangan agama Islam. Maka, kedatangan agama Islam pada masa lampau dan sesudahnya mampu diterima oleh semua kalangan.

Siapa sebenarnya teror? ini tentu telah menjadi rahasia umum, bahwa yang mempunyai senjata nuklir mulai dari A-Z adalah Amerika Serikat dan Rusia. Sampai sekarang, kedua negara ini secara diam-diam mengembangkan senjata yang mampu membinasakan kehidupan umat manusia. Sekarang, Rusia telah mengembangkan senjata nuklir berkecapatan hypersonic. Kecepatan hypersonic sama dengan ........................................

Dari pengalaman masa lampau, masa kini, dan melihat proses masa depan, seorang yang benar-benar realistis akan berpendapat, bahwa kekuatan persenjataan, kekerasan, tidak dapat mencapai pemecahan persoalan secara mendasar dan abadi. Dan mungkin inilah yang digambarkan film-film Cina, film yang menonjolkan sikap balas dendam. Pemecahan masalah tersebut sering hanya mengambang dan temporair. Dan sementara perdamaian semu meninabobokkan banyak orang, secara diam-diam tetap ada kecurigaan antarnegara yang memiliki kekuatan raksasa ini.

Akibat perang memang maha dahsyat. Tetapi anehnya orang suka bermain-main dengan senjata pemusnah dunia ini. Lembaga atau orang-orang yang anti nuklir memang sudah berjuan meniadakannya. namun tidak gampang mereka menghadapi negara-negara pemiliki nuklir itu.

Berdasarkan pengalaman sejarah, jika setiap negara semakin mempersenjatai diri, maka akhrinya akan terjadi pengelompokan-pengelompokan negara yang satu sama lain saling berhadap-hadapan yang akhirnya bermuara pada perang. Dan ini dilihat juga oleh negara-negara lain yang tidak berdaya apa-apa akan meramaikan terjadinya pengelompokan negara tersebut.

Kecenderungan akhir-akhir ini menunjukkan Rusia dan Amerika masing-masng mulai membangun kelompok negara kembali. Washington menuduh Rusia bersama Cina meningkatkan kegiatan mata-mata terhadap Amerika.Amerika juga munuduh Cina mencuri rahasia AS untuk mempercepat pengembangan militer dan ekonomi.

Ketiga, masalah pesanten dan memakai simbol Islam, disini kita perlu risauh. Melihat fenomena belakangan ini, umat Islam tidak pernah merasa terusik dengan adanya "penyudutan" yang dilakukan kalangan tertentu melalui terorisme. Justru dengan adanya fenomena ini, umat Islam semakin yakin akan adanya kebenaran. Kebenaran yang akan ditampakkan oleh Allah SWT. Kata pamungkasnya adalah sepintar-pintar apapun seseorang dalam menyembunyikan bangkai, pasti akan tercium baunya juga. Semoga Allah melindungi kita, dan yakin kalau kebenaran ada di tangan Allah. Amiin.

1 komentar:

  1. Saya tidak banyak tahu tentang Islam, tapi setahu saya orang yang benar-benar Islam, tidak akan melakukan pembunuhan apalagi terhadap orang-orang yang tidak bersalah bahkan terhadap orang-orang yang mereka tidak kenal, saya paling anti dengan orang-orang munafik yang sok Islam yang hanya mencemarkan nama Islam - mereka itu bukan Islam tapi Iblis!!! Tapi sangat disayangkan banyak yang mengikuti/ percaya pada mereka.

    BalasHapus

Silahkan Isi Komentar: