16 Jul 2009

Rendah Partisipasi Pemilih di Enrekang

ENREKANG -- Suasana pencontrengan pemilihan presiden di Enrekang, Rabu 8 Juli kemarin berlangsung sepi dan tidak semeriah dibanding pemilihan legislatif lalu. Berdasarkan pantauan Fajar, suasana di sejumlah TPS tampak sepi.

Puluhan kursi yang disiapkan untuk tempat menunggu para pemilih terlihat kosong. Proses pencontrengan juga berlangsung cepat, rata-rata TPS sudah selesai melakukan pencontrengan sejak pukul 11.00 Wita.

Namun demikian, secara umum pencontrengan berlangsung aman dan lancar. Tidak ada peristiwa yang dapat menggangu jalannya proses pencontrengan. Salah satu faktor yang menyebabkan sepinya pelaksanaan pilpres adalah rendahnya partisipasi pemilih untuk hadir di TPS.

Seperti yang terjadi di Desa Bambapuang Kecamatan Anggeraja, dari lima TPS di desa itu, dengan 1.627 pemilih yang terdaftar dalam DPT, hanya 973 yang hadir di TPS. Rinciannya TPS 1, dari 304 pemilih, yang hadir di TPS hanya 195 orang. Pasangan Mega-Prabowo tidak mendapatkan suara di TPS ini. Sementara SBY-Boedino meraih 64 suara dan JK-Wiranto 131 suara.

Sementara TPS 2 dengan 318 pemilih, yang hadir hanya 158 orang. Di TPS ini, Mega-Prabowo hanya meraih 1 suara, pasangan SBY-Boediono 77 suara dan JK-Wiranto 78 suara. TPS 3, dari 368 pemilih, yang memilih hanya 233 orang. Pasangan Mega-Prabowo hanya meraih 1 suara, SBY-Boediono 76 suara serta JK-Wiranto 156 suara.

Sementara di TPS dalam Kota Enrekang, pasangan JK-Wiranto cukup mendominasi. Seperti di TPS SMPN 2 Enrekang, pasangan Mega-Prabowo 2 suara, SBY-Boediono 91 suara, JK-Wiranto 255. Di TPS 4 Melati Kelurahan Juppandang, pasangan Mega-Pro meraih dua suara, SBY-Boediono 69 suara dan JK-Wiranto 199 suara.

"Saya belum bisa komentar soal partisipasi pmilih. Kalau memang rendah itu kan terpulang ke masyarakat masing-masing. Kami tidak bisa memaksakan mereka untuk hadir di TPS. KPU juga sudah maksimal dalam sosialisasi," tandas Ketua KPU Enrekang, Usman Abdullah. (kas)[fajar online]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: