27 Jul 2009

Ikan Bandeng

Kemarin, saya dimintai tolong seorang teman, "Mas, tolong! sekalian mampir di rumah makan Padang, beliin ikan bandeng." Aku pun disodorkan uang sebanyak 4 ribu rupiah. Sejurus kemudian, saya pun keliling sekitar jalan Godean mencari rumah makan Padang. Eh..., ternyata tidak perlu susah-susah untuk menemukan rumah makan ini, rumah makan yang mungkin sebagian banyak orang tahu, jangankan di Jawa, di Sulawesi saja banyak.

Aku pun mencari ikan yang Bandeng, kulihat masakan itu, "Mas, ini harganya berapa?" tanyaku sambil menunjuk masakan ikan Bandeng, 6 ribu, Mas." 6 ribu, "ngak pakai nasi kan mas!" tanyaku lagi, agak keheranan. "Iya, ngak pakai, kalau pakai harganya 8 ribu." Aku hanya diam, dan menatap Masnya agak keheranan, dia pun sedikit senyum, mungkin dia sudah tahu kalau aku tidak jadi beli. Aku pun langsung pergi tanpa kata-kata, di jalan aku merasa tidak enak, tidak enaknya karena sudah menawar lantas tidak membelinya. Biasanya, kalau di Jawa, jangan coba-coba menawar kalau tidak ada kepastian untuk membelinya. Kalau tidak jadi beli, siaplah untuk dikata-katai, seperti yang saya pernah alami saat ingin membeli batik. "Lain kali aja ya, Bu!" Kataku untuk tidak membuat ibunya tersinggung. "Lain kali kapan?" Jawab ibunya dengan nada agak tinggi.

Nah, agar tidak membuat orang marah,ada tipsnya. Tipsnya seperti ini, waktu selesai di warung Padang yang harga bandengnya 6 ribu, saya cari lagi warung padang yang lain. Hanya berjarak 300 meter ada lagi, memang warung Padang sudah menjamur, dimana-mana ada. "Pak, Ikan ini harganya berapa," Tanyaku lagi, eh...ternyata tidak jauh beda, selisihnya cuman 5 ratus rupiah. Jelas dengan harga segitu, uangnya kurang. Uang yang diberikan teman tadi. "Pak, yang goreng ada tidak," Kataku singkat. "Oh... habis e, Mas." Jawab bapaknya. Nah... inilah tipsnya, agar penolakan kita tidak menimbulkan ketersinggungan, carilah sesuatu yang tidak ada, tapi harus logis alias ada sangkut pautnya dengan barang yang akan dibeli. Seperti contoh di atas, cari yang gorengnya, karena yang harganya 5.500 itu yang dimasak atau kalau di Jawa dikatakan Gulai Ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: