29 Jun 2009

Tentang Toraja (About Toraja)

Daerah Toraja tepatnya di atas gunung, untuk sampai ke sana, harus melewati terjalnya jalan dan curamnya bebukitan. Jalannya relatif sempit, jika ada mobil yang berpapasan, salah satunya harus berhenti, kalau jenis mobilnya seperti patas. Walau jalannya yang berkelok-kelok, tidak menyurutkan para pelancong untuk menikmati suasananya. Kadang kami asik melihat rentetan suara mobil turis yang biasanya berkerombol lewat di depan kami. Toraja merupakan kawasan pariwisata nomor 1 di Sulawesi Selatan.

Puncak keramaian daerah toraja jika ada raja atau tokoh yang meninggal. Bagi mereka orang yang meninggal harus diistimewakan. Harus dipestakan oleh para sanak familinya, mampu atau tidak mampu. Hewan yang biasanya menjadi tumbal pesta tersebut adalah kerbau atau kalau di sana dinamakan Tedong Bulan. Tedong artinya kerbau dan bulan artinya warna yang mirip bulan purnama, agak keputih-putihan. Acara seperti ini biasanya menjadi tontonan para pelancong.

Bukan hanya tradisi pesta kematian yang mengudang pelancong, alam yang indah, panorama yang alami masih sangat terasa di daerah ini. Konon, kata orang tua kami, banyaknya turis ke daerah toraja disebabkan mereka mencari jejak nenek moyangnya. Maka wajarlah kalau daerah ini mayoritas Kristen. Karena pada masa lampau, para missioner atau penyebar agama Kristen, mengincar daerah dataran tinggi untuk menyebarkan agamanya. Mungkin mereka sadar, kalau daerah pantai itu telah dikuasai oleh pedagang arab. Pedagang arab tidak hanya berdagang tapi juga menyebarkan agama Islam di daerah pantai-pantai.

Walaupun daerah ini sangat terkenal, saya sendiri belum pernah ke sana. Mungkin belum kepikir saat di kampung dulu, padahal jaraknya tidak terlalu jauh sekitar 3 jam naik bis. Tiga jam ini sama halnya dengan naik travel dari Jogja ke Surabaya, pusingnya minta ampun. Jalannya berkelok-kelok, tikung kiri kanan dan kanan kiri. Perlu ramuan khusus agar tahan tidak memuntahkan seluruh isi perut saat di jalan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: