17 Jun 2009

SBY-BUDIYONO TIDAK POPULAR DI DUNIA MAYA

Tadi pagi, dosennya tidak masuk dan sebagai gantinya, dosennya memberi quiz. Soal quiznya sederhana, mencari tingkat popularitas antara Manohara dan Ibu Prita. Manohara yang kita kenal karena hampir setiap station TV menjadikannya sebagai headline, bahkan katanya, station TV rebutan ingin menayangkan female model itu. Sedangkan Ibu Prita, yang sempat ditahan karena dituduh mencermarkan nama baik rumah sakit OMNI International dan sempat dikenai pasal ITE yang berkaitan dengan transaksi elektronik.

Berangkat dari sana, timbul ide untuk mencari tingkat popularitas para capres kita di dunia maya. Mereka adalah Mega-Pro, SBY-Budiono, dan JK-Wiranto. Satu persatu nama tersebut kutulis di dalam kotak search Google Trends. Oh…iya, sekedar memperkenalkan, google trends berguna sekali apabila kita tertarik membandingkan popularitas 2 atau lebih search query. Search Query adalah Kata atau kunci pencarian yg kita pakai mencari menggunakan search engine seperti google, MSN, dan yahoo. Dan hasilnya adalah seperti berikut:
Nomor urut 1 : Mega-Pro


Nomor Urut 2: SBY-Budiono

Nomor Urut 3: JK-Wiranto



Pertayaannya kemudian, akuratkah data ini? Menurut Faq dan help page Google Trends, Seluruh hasil trends for website diambil dari kombinasi informasi yg berasal dari berbagai macam sumber traffik seperti Google search data, anonymous Google Analytics data, consumer panel data, dan third-party market research. Google menggunakan cara alexa yaitu membeli data data traffik konsumen ISP.

Saya hanya menyampaikan data ini dengan bantuan teknologi, dan saya tidak punya kepentingan politis di dalamnya. Saya teringat dengan kata-kata orang bijak, yang katanya seperti ini : Bicara masalah politik tidak akan ada habis-habisnya. Lagian kalau kita ingin menjagokan siapa yang terpilih, tetep saja yang diuntungkan pemenangnya… Sedangkan kita hanyalah sebagai objek, bisa menjadi objek bahagia, objek aman-aman saja, objek penderita, dan mungkin saja objek tidak tentu arah. Nah, daripada mikir yang bukan jangakauan kita, mendingan kita urus saja diri kita dan keluarga kita. Mengurus kesejahteraan hari ini lebih baik dari hari kemaren, dan kesejateraan hari esok lebih baik dari hari ini.



1 komentar:

  1. tapi ya, tetep aja dunk mas... kalo kita gak mikirin negara kita, apa keluarga kita bisa bahagia?

    yah... semampunya saja.. ^^

    BalasHapus

Silahkan Isi Komentar: