7 Mei 2009

PUSKESMAS DISIAPKAN PEROLEH ISO

BKM -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, Pemkab Enrekang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan berupaya melakukan berbagai terobosan. Salah satunya menyiapkan tiga puskesmas untuk mendapatkan pengakuan internasional tentang mutu manajemen kesehatan (ISO) pada tahun 2010 mendatang.

Tahun ini, ada tiga puskesmas telah mendapatkan ISO. Ketiga puskesmas adalah Anggeraja, Baraka dan Maiwa. Sementara untuk tahun 2010, puskesmas yang dipersiapkan adalah Sudu, Malua dan Cendana.
"Secara nyata saat ini tiga puskesmas yaitu Anggeraja, Baraka dan Maiwa sedang dalam persiapan untuk mencapai ISO,'' ujar A Nurseha Dewangang, Kasubag Perencanaan Dinkes Enrekang di ruang kerjanya, kemarin.

Pengakuan terhadap mutu manajemen internasional tersebut, lanjutnya, tentu saja dapat menjadi salah satu basis keunggulan daerah. Karena diharapkan dengan standarisasi tersebut, puskesmas dapat melaksanakan fungsinya untuk memelihara kesehatan masyarakat. Sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, dan berkualitas.
Selain kegiatan pengembangan sumber daya manusia (SDM), Dinkes Enrekang yang dipimpin Hj A Iriani juga melakukan berbagai kegiatan yang bersifat perbaikan secara struktural.
Perbaikan juga termasuk penyempurnaan peningkatan volume pembangunan puskesmas yang tersebar di kecamatan. Juga penigkatan sistem informasi kesehatan yang diterapkan di tingkat puskesmas.
Dinkes juga tidak henti-hentinya melakukan kegiatan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya para warga yang berada di wilayah yang sulit dijangkau. Kegiatan ini berlangsung secara rutin untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat, khususnya yang tergolong kurang mampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: