17 Des 2008

MENGAPA KITA PERLU TAHU...?

Keuntungan pertama yang diperoleh melalui internet adalah kemudahan dalam memperoleh informasi atau berita. Internet memungkinkan siapapun dapat mengakses berita-berita terkini melalui koran-koran elektronik, seperti republika online (www.republika.co.id) atau kompas Cyber media (www.kompas.com). Tak ketinggalan pula, berita yang ada di TV dapat pula di nikmati melalui internet, misalnya liputan 6 (www.liputan6.com) atau metro TV (www.metrotvnews.com). Internet mendukung berbagai aktivitas lain, sepeti kuliah secara online, sistem pembelajaran jarak jauh (distance learning atau e-learning) yang memungkinkan diskusi dalam kelas jarak jauh.


Beberapa keuntungan lain dari internet adalah sebagai berikut:
Komunikasi
Internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang super cepat antara suatu pihak dengan pihak lainnya, tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Hal ini dimungkinkan karena jangkauan Internet yang telah meng-global. Asal kita mengetahui alamat seseorang atau suatu lembaga di Internet, kita dapat mengirim informasi kapan saja dan kemana saja di seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat dan cara yang sangat mudah. Internet juga dapat menghemat biaya komunikasi yang harus dikeluarkan.
Informasi
Seperti telah disinggung di atas, karena begitu banyaknya komputer yang terhubung ke Internet, dimana masing-masing komputer memiliki kandungan informasinya sendiri-sendiri, maka gabungan seluruh informasi di Internet sangatlah luar biasa. Internet merupakan sumber informasi yang melimpah (hampir tanpa batas) yang terus berkembang seiring dengan makin berkembangnya Internet itu sendiri.
Kolaborasi
Kolaborasi yang dimaksudkan di sini adalah suatu proses menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama (team-work). Anggota tim bisa terdiri dari berbagai macam ahli dari berbagai bidang yang tersebar di berbagai negara di dunia. Internet merupakan media yang sangat membantu suatu kolaborasi yang biasanya terhambat oleh ruang dan waktu. Melalui Internet kita dapat melakukan suatu konferensi (conference) dengan berbagai pihak di mana pun mereka berada. Kita bahkan dapat mengerjakan suatu pekerjaan secara bersamaan melalui Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: