5 Des 2008

Ada apa di internet?

Begitu banyak informasi yang kita dapat peroleh dari internet. Informasi tersebut disampaikan dalam berbagai bentuk, seperti berita, artikel, tutorial, diskusi dll. Ruang lingkup dan disiplin informasinya pun beraneka ragam, ada agama, sport, pendidikan, humor, tanya jawab, dan masih banyak lagi.



Pada kesempatan kedua ini, kita akan mengulas ada apa saja di internet, berikut ulasannya :

  • WORLD WIDE WEB [www]


    Internet pada umumnya di-presentasi-kan melalui media WWW dalam format HTML (Hypertext Markup Language).
    Format HTML inilah yang memungkinkan penyajian informasi melalui WWW menjadi sangat menarik. Halaman depan suatu tampilan informasi biasanya dikenal dengan sebutan Serambi Depan (Homepage). Dari Serambi Depan ini kita akan menjumpai suatu tampilan informasi yang memiliki banyak link ke informasi lain yang lebih detil. Kita tidak perlu tahu dimana informasi-informasi tersebut berada, yang kita perlu kita lakukan hanyalah meng-klik infornasi yang kita inginkan dan informasi yang kita inginkan tersebut akan ditampilkan di layar komputer kita.

    Konsep penyajian informasi dengan banyak link ini disebut dengan hypertext. Untuk melihat isi suatu homepage, kita memerlukan alat bantu yang disebut perawak (browser). Browser yang umum dipakai adalah Internet Explorer (dari Microsoft) atau Netscape Navigator (dari Netscape Communication), Mozzila (Linux), Opera, dll.

    Alamat Internet untuk WWW disebut dengan URL (Uniform Resource Locator atau Universal Resource Locator) dan memiliki format sebagai berikut:
    protocol://www.domain/path/file.htm
    http://www.uty.ac.id/info/pmb/index.htm

    Dimana:
    http = Jenis protokol yang digunakan (Hypertext Transfer Protocol)
    uty.ac.id = Nama domain
    info/pmb/ = Path atau bisa juga disebut direktori tempat suatu file tersimpan
    Index.htm = Nama file yang menyimpan informasi yang ditampilkan pada umumnya berakhiran dengan .htm atau .html

  • ELECTRONIC MAIL [EMAIL]
    Surat elektronik adalah pesan yang dapat dikirimkan, diterima maupun disimpan dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali oleh user melalui internet/jaringan eletronik. Jenis penyedia e-mail diantaranya adalah yahoo.com, gmail.com, telkom.net dan lain-lain.

    Pada surat elektronik juga terdapat fasilitas "Carbon Copy" (Cc) yang dalam surat biasa disebut dengan "Tembusan", dan "Subject" yang pada surat biasa disebut dengan "Perihal". Pada dasarnya surat elektronik memiliki fungsi yang sama dengan surat biasa, sedangkan bagian-bagiannyapun memiliki kemiripan seperti telah dijelaskan di atas.

  • TELNET
    Kita bisa menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi yang ada dikomputer tersebut.

  • FILE TRANSFER PROTOCOL [FTP]
    Melalui FTP user bisa mengirimkan data atau file dari satu komputer ke komputer yang lain, Download dan Upload.

  • GOPHER
    Pengaksesan informasi hanya berupa teks.

  • CHAT GROUPS / INTERNET RELAY CHAT (IRC)

  • Forum dimana user dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan user lain.

  • NEWSGROUP

  • Ruang percakapan bagi para user yang mempunyai kepentingan bersama.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar: