14 Nov 2007

TENTANG KPMM JOGJAKARTA

Negara kita, Indonesia tercinta diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 hanya oleh segelintir tokoh nasional saja. Namun, dengan sedikit itu mampu menorehkan sejarah yang bisa kita banggakan sampai saat ini. Demikian halnya dengan pembentukan wadah pemersatu Pelajar dan Mahasiswa Massenrempulu di Jogjakarta yang muncul atas inisiatif segelintir pemuda pula.

Akhirnya, pada tanggal 12 Oktober 1997, dengan hitungan jari putra-putri Kabupaten Enrekang – mereka yang berdarah Massenrempulu – yang menuntut ilmu ke kota pendidikan Jogjakarta berhasil mendirikan wadah pemersatu. Wadah pemersatu ini kemudian diberi nama HPMM Cabang Yogyakarta. Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu (HPMM) cabang Jogjakarta dipilih sebagai cabang dari organiasi induknya di Makassar.

Nama HPMM Cabang Jogjakarta ternyata tidak berlangsung lama, hanya beberapa bulan saja. Hal ini disebabkan karena faktor teknis dan koordinasi yang sulit dengan HPMM Pusat di Makassar. Hingga akhirnya, nama HPMM Cabang Jogjakarta berganti. Maka sigap, putra putri Massenrempulu yang ada di Jogyakarta pada saat itu, kembali mengadakan perundingan untuk merumuskan nama baru beserta dengan AD/ART-nya.

Setelah melalui waktu yang cukup panjang, nama HPMM resmi berubah menjadi KPMM yang merupakan singkatan dari Keluarga Pelajar Mahasiswa Massenrempulu. Perubahan itu hanya satu kata, yaitu himpunan menjadi Keluarga. Kata Keluarga menjadi pamungkas sebagai petanda eratnya kekeluargaan diantara putra putri Massenrempulu yang berada di Kerajaan sultan Hamengkubuwono ini.

Kata keluarga ternyata tidak hanya sekedar nama, namun benar-benar diaktualisasikan dalam pergaulan sehari-hari. Sebagai contoh, setiap kali ada acara wisuda, menjadi wajib seluruh warga berkumpul untuk menikmati hidangan syukuran sang wisudawan atau wisudawati. Belum lagi, ketika hari raya Islam tiba, kami berkumpul sembari membuat BURASA kemudian dinikmati secara bersama selepas sholat ied.

Pengurus KPMM Jogjakarta
Pengurus KPMM Jogjakara terdiri dari Ketua, Sekretaris, bendahara dan dibantu oleh beberapa orang ketua departement yang selanjutnya disebut pengurus inti. Proses pemilihan pengurus inti dilakukan pada saat mubes atau musyawarah Besar yang diadakan setiap setahun sekali, kecuali pada tahun 2005-2007.
Berikut adalah mantan ketua dan ketua KPMM Jogjakarta,
1999 - 2001 dijabat oleh Supriadi
2001 - 2002 dijabat oleh Anto
2002 - 2003 dijabat oleh Rezki Syahrir.Sos.ST
2003 - 2004 dijabat oleh Saidang, S.Pd,M.Si.
2004 - 2005 dijabat oleh Sakril,ST.
2005 - 2007 dijabat oleh Yusran Yaman,ST.
2008 - 2009 dijabat oleh Abdul Rais.ST
2009 - 2010 dijabat oleh Jasman
2010 - 2011 dijabat oleh Firdaus Hamzah
2011 - Sekarang dijabat oleh Ahmad Furkan

Alumni KPMM Jogjakarta IKAJO atau Ikatan Alumni Jogjakarta menjadi wadah alumni KPMM Jogjakarta. Namun, organisasi ini tidak berjalan efektif hingga sekarang. Alumni KPMM Jogjakarta tersebar dalam menitih karir, hanya sebagian kecil yang kembali ke tanah kelahiran Enrekang. Ada yang ke Kalimantan, Jawa, Sulawesi Utara, Sumatra, Irian dan daerah-daerah lain di Indonesia.


8 komentar:

  1. gus klau perlu....nama2 Anggota kpmm d posting smua....data minta k sekertaris kpmm..kn lbh bgs...y g bro???

    BalasHapus
  2. sekalian dibuatkan statistik anggota KPMM dari tahun ketahun dalam grafik, biar kelihatan polanya.
    salam,

    BalasHapus
  3. Makasih kanda, tapi saya kurang mendapatkan sumber informasinya, terutama pada awal-awal berdirinya, tahun 2005 ke bawah. Hampir seluruh file2nya telah hilang. Tolong Kanda, kalau masih ada memori tentang itu, dikirm ke mailku agus_riandi@yahoo.co.id Makasih!

    BalasHapus
  4. saya juga sudah kehilangan data, tapi seingatku dulu tahun 2002-2003 itu jumlah anggota sekitar 80an orang..btw, kalo mau nyumbang tulisan gimana caranya? kapan ada acara mubes lagi? salam..www.rezkisyahrir.blogspot.com..www.syahrir.com

    BalasHapus
  5. Oh...iya, kami sangat membutuhkan tulisannya Kanda, silahkan kirim saja ke emailku agus_riandi@yahoo.co.id

    BalasHapus
  6. Saran kanda, gabung ke milis di milis ini ada juga orang Enrekang di situ, di Jerman, namanya Pak Adam, dll.

    BalasHapus
  7. Selamat dan sukses, terus bangu kebersamaan salam dari Merauke, Papua

    BalasHapus

Silahkan Isi Komentar: